PERTUMBUHAN EKONOMI SUMUT MENCAPAI 6,12 PERSEN

Refleksi Akhir Tahun 2012

Medan-andalas Plt Gubsu H Gatot Pujonugroho ST mengemukakan berbagai terobosan terus diupayakan Pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana visi  pembangunan daerah yakni Sumut yang maju dan sejahtera dalam harmoni keragaman.

“Kita bersyukur, hingga saat ini suasana politik, sosial dan kemasyarakatan Sumatera Utara tetap kondusif. Di atas tatanan itulah kita dengan aman melaksanakan kinerja pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan secara baik,” ujar Gatot pada refleksi akhir tahun 2012, Senin (31/12).

Dikatakan Gatot, saat ini provinsi sumatera utara merupakan penduduk ke enam terbanyak di indonesia atau di luar pulau jawa. Sesuai dengan sensus penduduk tahun 2011, jumlah penduduknya mencapai 13.103.596 jiwa yang terdiri laki-laki 6.544.092 jiwa dan perempuan 6.559.504 jiwa. Dengan laju pertumbuhan penduduknya sebesar 1,22 persen/tahun, dengan angka kelahiran total (TFR) 3,01.

“Untuk mengantisipasi  kondisi tersebut di atas, ke depannya pemerintah provinsi sumatera utara akan melakukan revitalisasi program kependudukan dan keluarga berencana, kegiatan Posyandu dan lebih mendekatkan program pelayanan kesehatan dengan masyarakat,” jelas Gatot.

Sedangkan tingkat pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara sampai dengan triwulan III tahun 2012 years on years, telah mencapai 6,12 persen, walaupun nominalnya lebih rendah dari kondisi tahun sebelumnya, akan tetapi hal ini lebih baik dibandingkan dengan kondisi daerah lainnya.

“Sebab di tengah keterpurukan perekonomian dunia yang ditandai dengan penurunan konsumsi dan ekspor impor, kita masih dapat tumbuh di atas 6 persen,” ujarnya.

Sementara itu, sambung Gatot, laju inflasi sampai dengan Nopember 2012 secara kumulatif sebesar 3,28 persen.  Hal ini masih dalam kondisi terkendali terlebih di penghujung tahun sebagaimana lazimnya tingkat pengeluaran konsumsi rumah tangga maupun pemerintah akan meningkat.

Selain itu sebagaimana diamanatkan bahwa target rkpd tahun 2012 untuk angka inflasi ditargetkan sebesar 6,00 persen, dan hal ini diperkirakan akan dapat tercapai bahkan lebih baik dari tahun 2010 yang mencapai angka 8 persen.

Sektor industri pengolahan memberikan konstribusi terbesar bagi pembentukan struktur ekonomi sumatera utara sampai dengan triwulan III  2012, diikuti oleh sektor pertanian. Secara umum sektor industri pengolahan memberikan sumbangan sebesar 22,21 persen, disusul sektor pertanian sebesar 22,01 persen, dan berturut-turut sektor perdagangan hotel serta restauran sebesar 18,84 persen.

Sementara dari sisi neraca perdagangan luar negeri, sampai dengan Oktober 2012, surplus mencapai US $ 4,34 miliar, hal ini disumbang dari masih membaiknya kinerja ekspor dimana volume ekspor mencapai 6,93 juta  ton  dengan  nilai  US $  8,61  miliar,

Sementara dari sisi impor volume mencapai 5,58 juta ton dengan nilai sebesar US $ 4,27 miliar, kondisi ini sedikit lebih rendah dari pencapaian periode yang sama di tahun 2011, dimana surplus mencapai sebesar US $ 5,78 miliar, akan tetapi hal ini terjadi akibat krisis perekonomian dunia yang telah menjadi sistemik, sebab Sumatera Utara telah memasuki sistem perekonomian global.

“Indikator kemajuan lainnya adalah tingkat pengangguran sampai dengan kondisi Agustus 2012 sebesar 6,20 persen, capaian ini lebih baik bila dibandingkan dengan tahun 2011 pada periode sama yang mencapai 6,37 persen.

Tahun depan kita optimis pertumbuhan lapangan kerja baru akan semakin meningkat dengan potensi investasi sumut yang terus tumbuh selama iklim investasi dan bisnis bisa tetap dijaga.

Begitu pula dengan persentase penduduk miskin Sumatera Utara walaupun belum sepenuhnya berhasil dientaskan, akan tetapi terus menurun baik persentase maupun jumlahnya, berdasarkan kondisi maret 2012 persentase penduduk miskin sumatera utara adalah 10,67 persen menurun bila dibandingkan periode yang sama tahun 2011 yang mencapai angka 11,33 persen,” ujarnya.WAN
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *