PEMBICARA SEMINAR MEMPERKOKOH KERUKUNAN BERAGAMA DI SUMUT

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Dr Mahfud MD SH menyatakan, kesediaannya menjadi pembicara pada Seminar Nasional ‘Memperkokoh Kerukunan Umat Beragama di Sumatera Utara’, pada 19 Januari mendatang di Convention Hall Hotel Danau Toba Medan.

Kesediaan itu, kata anggota DPRD Sumut Ir Washington Pane MSc dan Richard Eddy M Lingga  SE, disampaikan tokoh nasional itu, saat menerima kunjungan silaturahmi Panitia Perayaan Natal Oikumene dan Syukuran Tahun Baru 2012/ 2013 di Gedung Mahkamah Konsitusi, Rabu (2/1).

Kunjungan Panitia disambut hangat dan antuasias oleh Mahfud MD. “Insya Allah, saya akan menghadiri seminar tersebut. Sebab, upaya memperkokoh keerukunan umat beragama merupakan kewajiban kita semua,” katanya, sembari menyampaikan terima kasih kepada panitia, yang khusus datang dari Medan menemui dirinya.

Menurut Mahfud, sistem hukum di negara kita sesungguhnya sudah sangat baik, hanya implementasinya sering masih belum sesuai dengan harapan.

“Begitu juga dengan kerukunan antarumat beragama, sudah cukup baik, tapi harus terus dibina dan ditingkatkan kualitasnya,” katanya.

Kepada Ketua MK, Ketua Umum Panitia Natal Oikumene Sanggam SH Bakkara menyatakan, masyarakat Sumatera Utara yang sangat pluralis, masih memerlukan pencerahan, utamanya dari tokoh seperti Mahfud MD, agar kerukunan umat beragama tetap terjaga dengan baik.

Sanggam, Richard dan Washington juga tak lupa menyampaikan, sejumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan panitia. Di antaranya, pada 28 Desember 2012 berupa penanaman pohon, pembagian sembako kepada keluarga yang kurang mampu, dan penanaman pohon.

Kegiatan ini masih akan dilanjutkan dengan kegiatan aksi sosial dan pengobatan gratis. Sebelum acara puncak Ibadah Raya pada 20 Januari 2013, yang akan dilaksanakan di Stadion Teladan Medan.

“Diharapkan ratusan ribu umat Kristiani Sumatera Utara akan menghadiri dan menyemarakkan Ibadah Raya tersebut,” kata Richard Lingga dan Washington Pane.

Turut hadir dalam kunjungan audiensi tersebut, Sekretaris Umum Panitia Pdt DR Elim Simamora MTh, Wakil Ketua Umum Ir Washington Pane MSc, Ketua Richard Eddy M Lingga SE, dan Sekretaris Ir Martua Sinurat, serta Ir Romein Manalu.(UJ)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *