DEKRANASDA SERGAI TINGKATKAN KREATIVITAS DAN KUALITAS SOUVENIR

Sei Rampah-andalas Tingkatkan kreativitas dan kualitas souvenir rumah tangga, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Serdang Bedagai, mengirim Toga Sandi Safara Simarmata asal Kecamatan Pantai Cermin mengikuti pelatihan membuat kerajinan rumah tangga dengan bahan dasar tempurung kelapa.

“Pelatihan membuat kerajinan tempurung kelapa tersebut dilaksanakan di Desa Piring Sanden, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta yang berlangsung dari tanggal 11-15 Desember 2012,” kata Ketua Dekranasda Sergai, Hj Evi Diana Erry melalui Kabag Humas Sergai Drs H Mariyono SP, Selasa (1/1).

Pelatihan yang diikuti perwakilan dari Sergai ini, sebut Mariyono, sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan maupun keterampilan bagi para pengrajin di Kabupaten Sergai dalam mencapai prestasi pengembangan usahanya khususnya pengelolaan souvenir maupun kerajinan dari tempurung kelapa.

Selain itu,m diharapkan juga dapat mendorong semangat kewirausahaan dari pelaku usaha kecil lainnya. Hasil dari produk kerajinan tersebut dapat dikenal secara luas untuk dijual pada pangsa pasar di dalam maupun di luar negeri.

Untuk menghasilkan produk kerajinan yang bermutu diperlukan ketekunan dalam pengerjaannya, sehingga dapat menghasilkan produksi yang berkualitas tinggi dan mempunyai ciri khas dari Kabupaten Sergai.

Selama ini tempurung kelapa dianggap sebagai limbah rumah tangga yang kurang mempunyai nilai guna atau hanya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat arang.

“Namun ternyata bahan baku tersebut, dapat digunakan untuk menciptakan kerajinan yang unik dan bermanfaat bagi penggunanya serta dapat menambah penghasilan,” jelas Evi Diana.(RYAD)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *