SUBSIDI PERTANIAN CUMA RP 30 TRILIUN

Untuk BBM Rp 300 Triliun

MedanBisnis – Jakarta. Anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) hampir mencapai Rp 300 triliun dinilai terlalu besar dan harus ditekan. Sementara anggaran untuk pertanian hanya dialokasikan Rp 30 triliun.
Jumlah itu, kata Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, sangat besar dan tidak sebanding dengan dana subsidi untuk pertanian yang hanya Rp 30 triliun, mengingat Indonesia negara agraris yang mempunyai banyak sawah dan petani.

“Rp 300 triliun hanya untuk BBM, sementara untuk pertanian cuma Rp 30 triliun,” ungkap Syahrul saat penandatangan perjanjian dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) di Makassar, Sabtu (29/12/2012).

Menurut Syahrul, jika anggaran BBM subsidi terlalu besar, Indonesia bisa kalah dalam persaingan menuju kawasan ekonomi bebas ASEAN pada 2015. “Saya tidak mengatakan subsidi dihapus, tapi setidaknya dikurangi. Kalau tidak kita akan bablas di AFTA (ASEAN Free Trade Area-red). Kami harus siap listrik karena tidak ada lagi tanpa listrik,” ujarnya.

Syahrul juga mengatakan, potensi kekuatan utama dari Sulawesi Selatan adalah sektor pangan. Selain itu ia berujar Sulsel adalah daerah pilar nasional yang menghubungkan seluruh Indonesia. Oleh sebab itu ia menginginkan infrastruktur yang baik untuk menunjang pencapaiannya itu.

“Yang jadi prioritas Sulsel adalah kekuatan pangan yang utama sehingga tidak ada rakyat yang lapar. selain itu daerah ini (Sulsel) adalah pilar nasional yang menginterkoneksi seluruh Indonesia. Sehingga infrastruktur adalah penunjang utama ekonomi ,inflasi bisa dikendalikan,” katanya.

Ia juga mengungkapkan pentingnya menjadi pemimpin yang jujur seperti dirinya. Bahkan Ia berjanji kelak jika terpilih kembali menjadi gubernur periode mendatang korupsi tidak akan ada di Bumi Sulawesi Selatan.

“Pemerintah yang baik dan berbakti kepada masyarakat. Saya hadir disini sebagai gubernur untuk tidak terlibat dengan korupsi. Belum pernah saya mimpin, dari lurah, camat, kepala biro, nggal pernah anak buah saya masuk penjara. Ini gunanya pemimpin yang baik.(dew-dn)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *