PUNCAK LIBURAN, BELASAN RIBU PENGUNJUNG PADATI BUKIT LAWANG

Bahorok, (Analisa). Belasan ribu pengunjung diperkirakan memadati kawasan Obyek Wisata Bukit Lawang Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat pada puncak hari libur tahun baru, Selasa (1/1).
Obyek Wisata Bukit Lawang, merupakan salah satu tempat rekreasi alam yang cukup diminati masyarakat Sumatera Utara, terutama di hari libur.

Tingginya jumlah kunjungan wisatawan lokal pada malam menjelang pergantian tahun 2012, menaikan jumlah hunian hotel dan penginapan di Bukit Lawang.

Bahkan ribuan orang diperkirakan tidak mendapatkan penginapan pada malam menjelang tahun baru.

Salah seorang pengunjung yang ditemui di lokasi wisata Abu Hamzah asal Aceh mengatakan, akibat tidak mendapatkan hotel pada malam tahun baru, mereka berjumlah 21 orang terpaksa tidur di bantaran sungai. Hamzah mengakui, diperkirakan ribuan orang pada malam penutupan tahun baru tidak mendapatkan penginapan dan seluruhnya tidur di pantai

Tempat rekreasi alam Bukit Lawang merupakan tempat favorit bagi belasan ribu masyarakat Sumatera Utara menghabiskan hari libur panjang tahun baru. Kawasan wisata alam yang terkenal dengan ikon orang utan dan flora serta fauna hutan TNGL itu penuh sesak dipadati para pengunjung.

Pantauan Analisa, para pengunjung mulai memadati jalan Medan-Bahorok sejak sore hari menjelang malam penutupan tahun 2012 dan lalulintas di sepanjang jalur menuju kawasan obyek wisata Bukit Lawang tetap lancar.

Untuk mengantisipasi terjadi kemacetan di sepanjang ruas jalan menuju Bukit Lawang, sejumlah personil Polsek Salapian dan Bahorok menertibkan arus kendaraan, terutama di sejumlah persimpangan yang menjadi titik rawan kemacetan.

Tetapi jumlah kendaraan pada Selasa (1/1) terus bertambah hingga terjadi kemacatan sepanjang 8 Km sebelum memasuki pintu loket terminal Bukit Lawang.

Tingginya animo masyarakat mengunjungi Objek Wisata Bukit Lawang bukan tanpa alasan. Sebab, selain mudah dijangkau masyarakat Langkat, Binjai dan Medan, berbagai sarana infrastruktur juga mendukung menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata yang terkenal hingga kemanca negara itu.

Ribuan pengunjung terkonsentrasi di sepanjang tepi sungai. Sebahagian pengunjung memanfaatkan sejumlah tempat berteduh terbuat dari bambu beratap rumbia yang berjejer di sepanjang bantaran sungai untuk tempat beristirahat.

Kebanyakan mereka menikmati dinginnya air dengan menceburkan diri ke air dan ada juga yang menikmati derasnya arus sungai dengan menggunakan ban sebagai pelampung.

Tingginya jumlah kunjungan wisatawan ke Bukit Lawang juga memberikan pengaruh semakin tingginya tingkat hunian hotel maupun wisma yang ada di Bukit Lawang.

Beberapa petugas hotel mengatakan, tingginya arus kunjungan wisatawan sangat dirasakan sejak liburan natal hingga tahun baru. Hampir seluruh petugas hotel maupun wisma yang ada mengatakan hampir selama hari libur tahun baru kamar hotel maupun wisma mereka penuh dihuni para pengunjung.(als)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita, Jelajah Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *