PORSEA MACET, 3 KM DITEMPUH SATU JAM

PORSEA, KOMPAS.com — Jalan lintas Sumatera di Porsea, Toba Samosir, Sumatera Utara, Rabu (2/1/2013), macet total sejak pagi hari. Kemacetan terjadi di ruas menuju Medan dari arah Tapanuli.

Ruas jalan dipenuhi mobil pribadi terutama berplat BK. Mobil berplat B juga tampak dalam deretan mobil yang merupakan arus balik liburan tahun baru dari Tapanuli menuju Medan.

Perjalanan kendaraan selama satu jam hanya mampu merambat sejauh tiga kilometer. S Tampubolon yang berangkat dari Kecamatan Sigumpar di Tobasa pukul 14.00 baru mencapai Porsea, sekitar 3 kilometer dari Sigumpar, pada pukul 15.45 WIB.

“Biasanya kendaraan memang padat kalau tahun baru, tapi tahun ini tampaknya lebih parah,” kata Tampubolon.

Kemacetan diperparah oleh jalan yang rusak. Gundukan tanah banyak terdapat di kanan-kiri jalan. Lubang bertebaran di sepanjang jalan. Banyak pula kendaraan yang memotong lintasan kendaraan lain sehingga menambah kemacetan.

Tahun Baru merupakan kesempatan bagi warga Tapanuli yang merantau untuk pulang kampung bertemu dengan keluarga. Ribuan warga Tapanuli dari berbagai daerah mudik. Kebanyakan menggunakan angkutan umum dan mobil pribadi.

Tradisi ini belum didukung infrastruktur yang memadai, seperti layaknya mudik lebaran di Jawa.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *