PLT GUBSU TUTUP PDT 2012

Parapat, (Analisa). Pesta Danau Toba (PDT) tahun 2012 yang berlangsung selama empat hari, ditutup Plt Gubsu diwakili Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM bersama Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon MM, di Pantai Bebas Parapat, Senin (3l/l2).
Ketua panitia Ir Jan Wanner Saragih MSi melaporkan, selama berlangsung PDT telah melaksanakan berbagai kegiatan kebudayaan dan olahraga tradisional serta hiburan yang disajikan para artis baik local maupun dari Jakarta.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama PDT, festival tor-tor sombah, tor-tor sipitu cawan dan banyak lagi kesenian kebudayaan yang ditampilkan. Sedang kegiatan pertandingan olehraga tradisional margala putra dan putrid, marjalekkat, solu dak-danak, solu boruna, solu parsadasadaan, solu parduaduaan dan marhonong, catur anak, vocal solo, festival band dan dancer tradisional serta pemilihan putriDanau Toba

Jan Wanner menjelaskan, semua kegiatan diikuti para peserta dari yang berasal dari 7 kabupaten di kawasan Danau Toba (Simalungun, Samosir, Karo, Humbahas, Dairi, Taput dan Tobasa) dan 5 kabupaten/kota di luar di kawasan Danau Toba (Sibolga, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Padang Lawas dan Pematangsiantar).

Kambing Hitam

Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon MM mengatakan, pelaksanaan PDT ini sudah tentu banyak mengalami kesulitan.

Karena itu, jangan dicari “kambing hitam” untuk saling menyalahkan, tetapi kambing putilah yang dicari agar semuanya menjadi baik,” katanya.

Mangindar Simbolon yang juga sebagai Ketua Forum Lake Toba Regional Management (FLTRM) menyampaikan, untuk pelaksanaan PDT 2013 mendatang, yang akan menjadi tuan rumah Kabupaten Samosir. Untuk persiapan ini, Mengendar mengakui bertemu dengan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menggantikan PDT menjadi Lake Toba Festival (Festival Danau Toba), hingga tidak hanya terkesan pesta batak yang mendorong pariwisata, tetapi ada aktifitas lain di dalamnya, meskipun hal ini masih dalam pembahasan.

Bantuan Pusat

Dalam pertemuan itu, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut membicarakan tentang bantuan pusat untuk pelaksanaan PDT sebesar Rp 5 miliar diluar dana dari Provinsi Sumatera Utara dan dana dari APBD Kabupaten Samosir sekitar Rp 1,2 miliar dan juga menentukan waktu pelaksanaannya. Ini semua hasil kerja keras Bupati Simalungun yang merintis, agar pelaksanaan PDT yang menjadi tuan rumah adalah kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba, papar Mangindar.

Mangindar mengharapkan kepada semua pihak untuk terus memberikan dukungannya, agar Danau Toba dan pelaksanaan PDT dapat semakin baik dan dapat lebih dikenal tidak hanya secara nasional bahkan sampai ke tingkat internasional, hingga kunjungan wisatawan dapat lebih meningkat di Danau Toba.

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung dan masyarakat yang turut meyemarakkan pelaksanaan PDT.

Bupati Simalungun yang juga sebagai koodinator wilayah Sumatera Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus memberikan dukungnya terhadap pelaksanaan PDT mendatang, agar lebih baik lagi, karena semua ini untuk kepentingan masyarakat Sumatera Utara pada umumnya dan masyarakat di kawasan Danau Toba khususnya.

Penutupan PDT diakhiri dengan penyerahan obor PDT dari panitia kepada Bupati Simalungun yang selanjutnya diserahkan kepada Bupati Samosir.

Pengumunan juara dari berbagai pentandingan yang dilaksanakan selama PDT dan diringi dengan penyerahan tropy dan dana pembinaan oleh Bupati Simalungun, Bupati Samosir, Forum Komikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekda Simalungun dan PMS.

Putri Danau Toba dimenangkan Putri Winasari dari Medan, runner up Weni Ajeng Sintiadewi dari Simalungun, best performance diraih Wita Afriliza Siallagan dari Simalungun. Duta lingkungan hidup diraih Agatha Fransiska dari Kota Pamatang Raya Kabupaten Simalungun dan penerima dukungan SMS (Short Message Service) terbanyak Denok Setiasi Handang dari Parapat.(ama)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *