MALAM TAHUN BARU DI TAPAKTUAN MERIAH

Tapaktuan, (Analisa). Peringatan menyambut Tahun Baru 2013 di Tapaktuan, Ibukota Kabupaten Aceh Selatan berlangsung meriah ditandai semaraknya suasana malam menjelang awal tahun baru. Peringatan menyambut pergantian tahun itu dirayakan warga di rata-rata desa.
Menurut pantauan, kegiatan menyambut malam tahun baru itu digelar setelah salat Isya yang diisi dengan acara musik keyboard dan makan malam bersama dengan menu ikan bakar, daging kambing, bebek dan ayam serta berbagai jenis makanan ringan.

Meskipun begitu, peringatan itu digelar jauh dari nuansa ria berlebihan, kecuali sebatas kegembiraan menyambut datangnya pergantian tahun seperti kebiasaan yang berlangsung di Tapaktuan. “Well come 2013, goog bye 2012,” demikian ucapan yang terkadang muncul di tengah dendang lagu dan alunan suara musik yang mendayu-dayu.

Yang menarik, sepanjang berlangsung acara penyambutan, di setiap lokasi musik digelar diramaikan pengunjung yang tidak hanya warga setempat tapi juga warga dari komunitas lainnya. Warga saling berkunjung ke komunitas tetangga untuk menikmati kegembiraan.

Secara Swadaya

Ramainya peringatan menyambut tahun baru membawa dampak positif, setidaknya usaha-usaha jasa penyewaan keyboard laris manis. Sebaliknya, pendanaan untuk melakukan kegiatan ini dilakukan warga secara swadaya melalui sumbangan para warga.

Kemeriahan berlangsung sejak acara digelar dan mencapai puncaknya menjelang pukul 00.00 Wib. Pada detik-detik itu, suara musik dihentikan dan hening mewarnai suasana. Pada detik-detik tersebut, di kebanyakan tempat pembawa acara menyampaikan sambutan yang intinya adalah mengajak warga mensyukuri keberhasilan selama menjalani tahun sebelumnya dan berharap serta bekerja keras untuk sukses pada tahun berikutnya.

Hal menarik lainnya, menurut pantauan, momentum peringatan tahun baru ini juga dimanfaatkan sebagai sarana berkumpul para individu penggemar musik dan lagu-lagu nostalgia. Seperti di Desa Pasar, acara malam tahun baru diisi dengan musik nostalgia yang melibatkan insan-insan yang tergabung di dalam komunitas penggemar lagu-lagu lama,

Acara ini digelar oleh Forum Mawar yang dipusatkan di lingkungan III yang mendapat sambutan pengunjung. “Kita tidak bertujuan ria, tapi sekadar kumpul-kumpul sekalian silaturahmi dengan kawan-kawan dan berharap hari esok akan lebih baik,” kata Ketua Forum Mawar, Drs.Joniardi yang langsung memimpin acara menyambut tahun baru 2013.(ma)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *