JALAN MEDAN–BERASTAGI SEPANJANG TAHUN BARU

IMANUEL SITEPU. PANCURBATU. Arus lalulintas Jl. Jamin Ginting dipadati puluhan ribu kenderaan roda dua dan empat selama liburan Natal dan Tahun Baru sehingga terus macet hingga puluhan kilometer. Kemacetan terjadi kedua arah dari dan menuju Berastagi. Untuk mengatasinya, pihak kepolisian menerapkan sistem buka-tutup dan pengalihan arus melalui jalur alternatif.

Pantauan Sora Sirulo di sepanjang Jl. Jamin Ginting [Selasa 1/1 Pkl. 10.00 – 21.30 Wib], kemacetan arus lalulintas masih saja terus terjadi. Lonjakan arus lalu lintas kebanyakan  dari arah Berastagi menuju Medan sehubungan pulangnya orang-orang yang merayakan malam peralihan tahun di sejumlah tempat wisata di kawasan Pancurbatu, Kutalimbaru, Sibolangit dan Berastagi. Polisi yang dipimpin langsung Kapolsek Pancurbatu Kompol Darwin Sitepu SH bersama sejumlah anggota terus melakukan pengaturan agar volume kemacetan tidak terus meningkat. Mereka membuka-tutup jalan beberapa menit sekali dan mengalihkan arus kenderaan ke jalur-jalur alternatif.

Sepanjang pantauan itu, tingkat kecelakaan lalu lintas saat malam penyambutan dan saat perayaan Tahun Baru pada [Selasa 1/1 malam] tergolong aman. Tidak ada kecelakaan berarti kecuali kecelakaan kecil berupa senggolan yang tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka. Umumnya tidak menimbulkan persoalan berarti karena pihak-pihak yang terlibat senggolan kenderaan bisa menyelesaikannya sendiri tanpa harus dicampuri pihak kepolisian.

Adapun keadaan cuaca pada Selasa [1/1 sekitar Pkl. 17.00 Wib], Sibolangit dan Pancurbatu diguyur hujan sehingga para pengendara roda dua terganggu dalam perjalanan menuju tujuan masing-masing. Untuk malam penyambutan tahun 2013, Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pancurbatu sangat aman di bawah pengawasan sejumlah personil Polsek Pancurbatu.

Secara umum, tahun ini terlihat lebih semarak dari tahun sebelumnya. Penyambutan tahun baru ini ditandai suara dentuman kembang api berjam-jam dengan percikan api di angkasa. Kemeriahan didukung pula oleh cuaca yang sangat cerah tanpa disertai turunnya hujan. Sementara itu, di kawasan tempat pemandian alam Sembahe dan Sibolangit sempat beredar isu terjadinya banjir bandang yang menelan korban jiwa hanyut serta longsor di kawasan Desa Sayum, Sibolangit. Namun, setelah dilakukan pengecekan, ternyata hanya isu belaka. Debit air sungai Lau Petani, Lau Betimus dan Lau Burah hanya sedikit mengalami kenaikan. Longsor juga sama sekali tidak terjadi. Dari amatan Sora Sirulo di Polsek Pancurbatu hingga Pkl. 23.00 Wib belum ada pihak keluarga atau teman yang melaporkan adanya orang hanyut maupun longsor di wilayah Sibolangit.

Kapolsek Pancurbatu Kompol Darwin Sitepu SH didampingi Kanit Binmas AKP MKL Tobing yang berhasil ditemui di lapangan saat melakukan pengaturan lalu lintas mengatakan, volume kenderaan mengalami peningkatan hingga 100% dari hari-hari biasa.

“Peningkatan kenderaan hingga 100%, namun tidak sempat mengalami kemacetan hingga berjam-jam. Kenderaan berjalan namun perlahan. Tidak ada kecelakaan parah. Mengenai isu banjir bandang serta tanah longsor, sama sekali belum ada kejelasan, namun anggota kita terus mencari tahu kebenaran infromasi tersebut,” ujarnya.
sumber : sorasirulo

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *