POPULASI SAPI LANGKAT 143.672 EKOR

LANGKAT – Populasi ternak sapi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, saat ini mencapai 143.672 ekor, kata Kepala Dinas Peternakan Langkat M Tambeng, melalui Kepala Bidang Produksi Agustawan.

“Saat ini populasi ternak sapi yang tersebar di seluruh kecamatan itu cukup meningkat,” kata Agustawan di Stabat, hari ini.

Untuk sekarang ini, sebaran yang terbesar dari populasi ternak sapi ini berada di Kecamatan Secanggang, Binjai, Stabat, Batang Serangan dan Pematang Jaya, katanya.

Jumlah sapi betina dewasa tercatat sebanyak 59.193 ekor, sedangkan sapi betina produkstif ada sekitar 42.618 ekor.

Dari perkembangan yang ada itu, maka produksi daging sapi Langkat untuk tahun 2012 ini sekitar 5.217 ton, kata Agustawan.

Agustawan juga menjelaskan, tahun 2013, pihaknya mengisyaratkan kemungkinan besar ada peningkatan terhadap populasi ternak sapi ini.

“Kami akan terus berusaha untuk tetap meningkatkan populasi ternak sapi di Langkat, dalam ranga mendukung program swasembada daging sapi di Sumatera Utara,” ujarnya.

Menyangkut dengan tren peternak sekarang ini yang beralih ke pengembangan kambing da domba, menurutnya itu tidak mempengaruhi upaya yang dilakukan dinas peternakan Langkat.

Menurutnya, sesuai dengan visi dan misi Bupati Ngogesa Sitepu, baik sapi, kambing, domba, terus akan dikembangkan di daerah itu pada tahun mendatang.

Saat ini populasi domabjuga cukup besar, dan sebarannya juga merata di berbagai kecamatan, katanya.

Total populasi kambng mencapai 138.218 ekor, sedangkan populasi domba totalnya mencapai 128.553 ekor.

“Keberhasilan Langkat meningkatkan populasi ternak tidak terlepas dari komitmen petani untuk tetap menjadikan Langkat daerah penyangga ternak di Sumatera Utara,” katanya.

Untuk itulah Unit Managemen Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (UMPSDSK) tahun 2012 terus mendorong peternak untuk meningkatkan populasi ternaknya.

Tujuan meningkatkan populasi ternak adalah mewujudkan program swasembada daging untuk ketersediaan daging dan ikutannya, katanya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *