PENYALURAN RASKIN SUMUT HAMPIR RAMPUNG

MEDAN – Penyaluran beras untuk warga miskin (Raskin ) Sumatera Utara hingga 27 Desember 2012 sudah hampir 100 persen atau 96,83 persen.

“Kecuali di Nias yang penyalurannya baru antara 79 persen hingga 82 persen. Hampir semua kota/kabupaten lainnya penyaluran raskin-nya sudah 85an persen ke atas. Bahkan ada yang sudah 100 persen,”kata Humas Bulog Sumut Rusli di Medan, hari ini.

Di Kabupaten Tapanuli Utara dan Pematang Siantar misalnya, penyaluran sudah 96 persen “Dengan kondisi sudah 96,83 persen atau 152.936 ton dari rencana alokasi 157.937 ton, diharapkan penyaluran raskin hingga akhir tahun bisa 100 persen,”katanya.

Tim Bulog terus memantau penyaluran raskin agar tidak terhambat hingga libur akhir tahun ini.

Dia mengakui, masih adanya beberapa kota/kabupaten yang rendah penyalurannya seperti di Nias itu, terjadi akibat adanya perubahan jumlah penerima rumah tangga sasaran (RTS) di Juni lalu dimana sempat membuat sebagian masyarakat melakukan protes sehingga penyaluran sedikit mengalami hambatan.

Anggota DPD RI utusan Sumut, Parlindungan Purba menyebutkan, pemerintah kota dan kabupaten harus membantu percepatan penyaluran raskin di daerah-daerah yang belum mencapai 100 persen.

Selain memang hak masyarakat, raskin sangat membantu warga dari kesulitan akibat naiknya harga beras itu dewasa ini.

Penyaluran raskin yang berjalan lancar juga membantu pemerintah menekan inflasi dari lonjakan harga beras tersebut, katanya.

Dia berharap Bulog dan pemerintah kota/kabupaten sudah melakukan evaluasi hambatan penyaliuran untuk menjadi pelajaran dalam pelaksanaan di tahun 2013.

“Program kesejahteraan rakyat oleh pemerintah banyak yang bagus dan bermanfaat bagi masyarakat, tetapi kalau tidak dilaksanakan dengan baik oleh lembaga atau instansi yang ditunjuk pemerintah akhirnya mejadi bumerang,”kata Parlindungan.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *