TIGA MODEL PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013

Medan, (Analisa). Sistem penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 memakai tiga model, yakni jalur undangan, seleksi bersama, dan seleksi mandiri/lokal.
Demikian disampaikan Rektor Unimed Prof Dr Ibnu Hadjar Damanik saat Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan Provinsi dan Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, di Hotel Inna Dharmadeli, Jalan Balaikota No 2 Medan, Jumat (28/12).

Dalam jalur undangan ini, semua siswa mempunyai kesempatan yang sama. Untuk itu, masuknya data akademik siswa sampai ke pusat menjadi peer sekolah.

Syarat mendaftar, harus memilih universitas lebih dulu. Satu pilihan wajib di daerah asal sekolah si calon mahasiswa. Selebihnya, boleh di luar itu.

Parameter penilaian adalah nilai rapor siswa ditambah dengan nilai UN. Dua nilai itulah yang dijadikan pertimbangan seorang siswa diikutsertakan atau tidak dalam seleksi. Semua biaya ujian untuk jalur ini, ditanggung oleh pemerintah.

Kalah

Kalau si calon mahasiswa kalah jalur undangan, ia bisa mencoba jalur kedua, model Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Model ini persis dengan SNMPTN atau UMPTN sebelumnya.

Kalau lewat jalur ini, siswa harus membeli formulir, mengisinya, dan ikut tes, persis seperti kakak kelasnya yang dulu ikut SNMPTN.

Opsi terakhir, ikut Seleksi Mandiri atau Lokal. Masing-masing universitas melakukan seleksi mandiri. Namun ada beberapa universitas yang sudah tergabung dalam konsorsium yang secara bersama melakukan seleksi mandiri.

Model SBMPTN dan Jalur Mandiri bisa untuk lulusan tiga tahun terakhir, yakni angkatan 2013, 2012, dan 2011.

Soal proporsi penerimaan, 50 persen dari jalur undangan, 25 persen dari jalur SBMPTN, dan 25 persen lagi dari jalur mandiri. “Jadi, siswa jangan takut.

Perjuangannya belajar selama ini tidak akan sia-sia. Jalur undangan bukan berarti menghapus SNMPTN. Tetapi ada kesempatan yang lebih baik bagi siswa. Dan nilai rapor dari semester awal jangan dianggap sepele,” imbuh Ibnu. (dgh)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *