DINKES: LIMA PENYAKIT BERPOTENSI KLB DI SUMUT

Medan (Berita): Dinas Kesehatan Sumatera Utara mewaspadai sekurangnya lima penyakit yang selalu berpotensi kejadian luar biasa (KLB) di provinsi itu.

Plt Kabid Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Sukarni SKM di Medan, Jumat (28/12) mengatakan, KLB lima penyakit itu disebabkan perubahan cuaca maupun lainnya.

Kelima penyakit tersebut antara lain yakni campak, rabies, DBD, flu burung dan difteri (infeksi akut pada pernapasan), juga malaria walaupun kasusnya termasuk jarang, ujarnya.

Ia mengatakan suatu penyakit dikategorikan KLB apabila kasus yang terjadi melebihi dari keadaan biasa, seperti misalnya keracunan makanan. Misalnya adanya orang yang makan bersama dan sama-sama mengalami keracunan dan bisa meresahkan masyarakat.

Untuk kasus keracunan makanan ini, sepanjang tahun 2012 tercatat 331 kasus terjadi di Sumatera Utara dengan satu orang meninggal.

“Jadi KLB itu bila jumlah kasusnya melebihi dari kasus biasa, misalnya juga selama ini ada 25 orang yang kena diare, menjadi 50 orang, ini termasuk juga yang dinamakan KLB,” katanya.

Disamping itu lanjut dia, satu penyakit bisa juga disebut KLB apabila di satu daerah sebelumnya tidak pernah terjadi kasus penyakit, namun tiba-tiba menjangkit tersebut seperti kasus flu burung.

“Artinya, kalau penyakit itu sebelumnya tidak pernah terjadi, namun tiba-tiba terjadi di suatu daerah, maka itu disebut KLB. Keracunan makanan secara massal juga dapat dikategorikan sebagai KLB,” katanya.

Mengenai penyakit campak, lanjut dia, sepanjang tahun 2012 ini terjadi 257 kasus di Sumatera Utara dengan satu orang meninggal, sementara penyakit diare terjadi sebanyak 257 kasus dan lima orang meninggal.(ant)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *