SUMUT RENCANAKAN TANAM JAGUNG 303.379 HA

MedanBisnis –Medan. Untuk mendukung peningkatan produksi jagung Sumatera Utara (Sumut) khususnya di kawasan sentra produksi, di tahun 2013, akan dilakukan penanaman jagung seluas 303.379 hektare. Dari luasan lahan tersebut diharapkan produksi meningkat lebih tinggi daripada produksi tahun 2012.
Kepala Bidang Bina Tanaman Pangan Dinas Pertanian Sumut, John A Sinaga, kepada MedanBisnis, Jumat (21/12) di Medan, mengatakan, Sumut berpotensi untuk meningkatkan luasan tanam jagung. Apalagi dengan dukungan iklim yang baik akan menunjang peningkatan produksi. “Produksi jagung kita cenderung meningkat setiap tahun,” katanya.

Ia mencontohkan, di tahun 2010, dari lahan panen seluas 274.822 hektare, dengan produktivitas 50,13 kwintal per hektare, bisa menghasilkan produksi Angka Tetap (ATAP) sebesar 1.377.718 ton. Sementara di tahun 2011, luasan lahan panen mengalami pengurunan oleh beberapa sebab menjadi 255.291 hektare dengan produktivitas 50,71 kwintal per hektare dan produksi sebesar 1.294.645 ton.

Tahun ini, lanjut John, pada Angka Ramalan (ARAM) II, luasan lahan mengalami penurunan menjadi 246.966 hektare dengan produktivitas 55,44 kwintal per hektare dan produksi sebesar 1.369.089 ton. Dengan demikian, jika areal tanam jagung di Sumut khususnya di sentra produksi jagung seperti Karo, Simalungun, Dairi, Deliserdang, Serdang Bedagai dan Langkat, produktivitas maupun produksi jagung Sumut akan meningkat. “Apalagi jika iklimnnya mendukung,” katanya.

Ia menilai, produksi jagung akan meningkat jika petani menggunakan benih unggul. Selain ittu, pengendalian hama dilakukan secara maksimal. Selain itu, petani juga harus menerapkan Good Agricultire Procedure (GAP). “Kalau petani sudah bisa menerapkan pertanaman yang sesuai prosedur pengelolaan yang baik, pasti produksinya akan meningkat,” katanya. (dewantoro)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *