SMPN 1 BIRU-BIRU GALAKKAN “ONE MAN ONE TREE”

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Setelah sukses melakasanakan “Tree Planting Day” sebagai wujud kesadaran mencintai lingkungan dan alam, siswa/i SMPN 1 Biru-biru digalakan dalam penanaman seribu pohon “One Man One Tree” di lingkungan sekolah mereka [Sabtu 22/12.

Pantauan Sora Sirulo, dalam pelaksananan penanaman seribu pohon yang digelar bersamaan dengan memperingati Hari Ibu dan pembagian rapor semester, seluruh pelajar bersemangat mengikuti kegiatan. Setiap siswa membawa beraneka ragam bibit tanaman. Setelah mendapat bimbingan dan arahan dari kepala Sekolah L. Tarigan SPd, siswa secara serentak melakukan penanaman pohon. Orangtua dan wali murid turut menyaksikan kegiatan.

“Kegitan penanaman pohon untuk penghijauan di lingkungan sekolah ini adalah kesekian kalinya kita lakukan. Kita terus tanamkan gerakan satu orang satu tanaman atau “One Man One Tree” kepada anak didik kita,” ujar Kasek SMP Negri 1 L. Tarigan SPd kepada Sora sirulo di sela-sela acara penanaman.

Dikatakan Tarigan, pada dasarnya Pohon sangat berguna untuk kehidupan kita. Karena tumbuhan dengan manusia mempunyai hubungan erat. Pohon-pohonan berfungsi meningkatkan absorbsi gas CO2, SO2 dan polutan lainnya menjadi O2 yang dibutuhkan manusia. Hijaunya lingkungan sekolah dan rimbunnya pepohonan, juga dapat menjaga keasrian lingkungan sekolah. Maka itu, kita harus juga harus giat menanam pohon untuk mengantisipasi Global warning karena lapisan Ozon saat ini makin menipis. “Berbuatlah apa yang bisa kau buat untuk dirimu atau orang lain selagi masih muda” Ujarnya.

Lanjut dikatakan Tarigan, semangat dan kesadaran mencintai lingkungan hidup harus ditanamakan sejak dini. Tujuanya adalah agar mereka cinta pada pohon. Setelah dewasa nanti, mereka tidak sembarangan menebangi pohon. Mereka menjadi tahu betapa pentingnya dampak tumbuhan pada lingkungan sekitarnya.

“Kegiatan mencitai lingkungan dan kesadaran menanam pohon adalah amanah Kadis Dikpora Hj. Daadah Lubis MPd dan merupakan salah satu Konsep Cerdas Bupati Deliserdang drs. Amri Tambunan yang patut didukung,” jelasnya.

Selain melaksanakan kegiatan penanaman pohon, memperingai Hari Ibu dan pembagian raport semester, pada hari itu juga,2 guru kelas SMPN 1, Ibu Ruslina SPd dan Ibu Asni SPd, menyerahkan trophy dan hadiah kepada sekolah melaui Kepala Sekolah L. Tarigan SPd. Sehari sebelumnya, kedua guru kelas ini berhasil mengikuti lomba Hari Ibu mendapat Juara Harapan I dalam membuat nasi tumpeng yang diperlombakan di tingkat Kabupaten Deliserdang. Adapun nilai plus nasi tumpeng buatan guru SMP N 1 tersebut, selain rasanya enak, mereka dapat mengambil hati juri dari menu makanan istimewa dari bahan baku jamur.
sumber : sorasirulo

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *