PAUS MEMAAFKAN MANTAN PEMBANTUNYA

[VATIKAN] Paus Benediktus XVI sudah memaafkan mantan pembantunya, Paolo Gabriele, yang diganjar hukuman 18 bulan penjara karena membocorkan dokumen rahasia.

Dalam pernyataannya, Vatikan mengatakan, Paus secara pribadi menyampaikan langsung pemberian maafnya kepada Gabriele di penjara.

“Pagi ini, Bapak Suci Benediktus XVI mengunjungi Paolo Gabriele di penjara untuk mengukuhkan pengampunan dan memberitahu secara langsung atas dikabulkannya permintaan maaf Gabriele,” tulis pernyataan itu.

Gabriele  dinyatakan bersalah oleh pengadilan pada Bulan Oktober, karena mencuri dokumen Paus untuk dicopy dan memberikannya kepada seorang wartawan Italia.

Dalam pembelaannya, dia mengatakan, tindakan itu dilakukan sejalan cintanya kepada Gereja Katolik, karena berpendapat Paus telah dimanipulasi. Dia juga mengatakan ingin mengungkap dugaan korupsi di Vatikan.

Di persidangan terungkap bahwa dia menggunakan akses terhadap dokumen paus dan mengcopy sampai ribuan dokumen rahasia. Pria berusia 46 tahun itu kemudian memberikanya kepada Gianluigi Nuzzi, yang tahun ini menerbitkan buku laris berisi tentang skandal dan pertarungan kekuasaan di Vatikan.

Bulan November, pengadilan menyatakan seorang ahli komputer, Claudio Sciarpelletti, juga bersalah karena membantu membocorkan dokumen kepausan. Sciarpelletti dijatuhi hukuman percobaan selama dua bulan. [BBC/L-8]
sumber: suarapembaruan

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *