KOPI DAPAT MENGURANGI RISIKO KANKER MULUT

Jakarta (ANTARA News) – Mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko kanker mulut, dengan melindungi tubuh dari sel tumor yang terbentuk di area mulut dan tenggorokan, sebagaimana hasil penelitian terbaru.

Para ilmuwan menemukan kopi tanpa kafein pun dapat mengurangi risiko penyakit tumor tersebut. Meskipun para ilmuwan menyatakan kopi dapat mencegah tumor, sebaliknya teh tidak memiliki manfaat itu, sebagaimana dilansir dari DailyMail.

Penemuan ini telah diteliti oleh sekelompok ilmuwan dari American Cancer Society di Atlanta, AS, menyatakan bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi tidak memiliki pengaruh terhadap penyakit tumor.

Para peneliti mengatakan ada lebih dari seratus antioksidan alami yang terkandung di dalam kopi. Hal ini sejalan dengan penelitian pada dua tahun lalu yang menyatakan bahwa empat angkir koppi sehari dapat mengurangi risiko kanker hingga 39 persen.

Namun mengkonsumsi terlalu banyak kopi juga mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Ibu hamil juga sebaiknya mengurangi konsumsi kopi, karena kopi dapat meningkatkan risiko bayi lahir lebih kecil dari ukuran normal.

“Kopi mengandung banyak komponen aktif yang dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya penyakit kanker dan kematian karena kanker,” tulis para ilmuwan pada jurnal American Journal of Epidemiology.(Ant)

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *