DINAS PERIKANAN LANGKAT KEMBANGKAN KAD

LANGKAT – Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada tahun 2013 memprogramkan pengembangan Kolam Air Deras (KAD) untuk pemeliharaan ikan mas sistem intensif.

“Kami akan kembangkan sistim intensif untuk pemeliharaan ikan mas, khususnya di kawasan kolam air deras,” kata Kepala Bidang Bina Usaha dan Perikanan Budidaya, Jantje R Turangan, di Stabat, hari ini.

Potensi kolam air deras untuk Kabupaten Langkat sangat dominan, terutama yang berada di Kecamatan Bahorok, Sei Bingei, Siraput dan Kutambaru, katanya.

Selama tahun 2012, tercatat sebanyak 303,45 ton produksi dari kolam air deras ini yang memelihara ikan mas, lele, nila dan gurami.

“Potensi ini akan kami padukan dengan sistem Kolam Air Deras (KAD) sehingga produksi ikan kolam tersebut akan semakin meningkat.

Bila ini dilaksanakan secara intensif, tentu akan dapat meningkatkan produksi perikanan Kabupaten Langkat untuk masa yang akan datang.

Selain itu, pendapatan petani ikan akan semakin meningkat, itu salah satu yang akan didorong oleh DPK kepada masyarakat yang berada di sekitar kolam air deras, ungkap Turangan.

Pada bagian lain, Turangan mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang ada diinstansinya untuk perikanan budidaya laut seperti ikan kerapu, jenahar, kakap produksinya mencapai 1.403,7 ton.

Budi daya tambak, seperti udang, produksinya mencapai 5.711,5 ton, kolam produksinya mencapai 303,45 ton, sedangkan budidaya perikanan sawah produksinya sekitar 3,91 ton, jaring apung (sungai) produksinya sekitar 81 ton dan keramba produksinya sekitar 6,96 ton, katanya.

“Kesemua produksi perikanan itu akan meningkat, jika dikelola dan dikembangkan dengan baik, termasuk melalui Kolam Ai Deras ini,” katanya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *