WOW … DI SIBIRU-BIRU, TANGKAI BUAH DUKU PANJANG 1 METER

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. 5 bulan terakhir, petani duku di sejumlah tempat di Kabupaten Deliserdang,bisa dibilangĀ  ketiban rejeki. Selain kondisi buah yang melimpah pada musim tahun ini, buah yang berwarna kuning bila telah masak ini, diperkirakan akan terus bertahan hingga Maret 2013 mendatang. Melimpahnya rejeki dari panen buah duku pada akhir tahun juga dirasakan Bulung Ginting (62) warga Dusun Namodurin Desa Sarilaba (Kec. Biru-biru). Pensiunan PNS Puskesmas Biru-biru ini benar-benar merasakan anugrah yang begitu besar dari Tuhan Yang Maha Esa kepada keluarganya.

Foto; Bulung Ginting (62) ketika menunjukkan buah dukunya sepanjang sekira 1 meter.

 

Kenapa tidak, dari 200 pokok duku miliknya, 150 pokok sekarangĀ  telah berbuah produktif. Lebih membanggakan bagi, pemilik penginapan Ramayana di Lokasi Pantai Sarilaba Biru Indah ini, salah satu pohon dukunya malah berbuah pada tangkai sekira sepanjang 1 meter.

“Sudah bertahun-tahun saya memanen buah duku, namun pada tahun ini, saya benar-benar mengucap syukur kepada Tuhan. Salah satu pohon duku saya memiliki buah aneh. Salah satu tangkainya berukuran panjang sekira 1 meter. Ini mungkin salah satu pertanda dariĀ  Tuhan. Biasanya, rata-rata tangkai buah duku hanya sekira 5 hingga 10 Centimeter, ” ujar Bulung Ginting kepada Sora Sirulo di Sibiru-biru [Rabu 19/12].

Dari 150 pokok tanaman dukunya yang saat ini sedang berbuah lebat, Pak Ginting memprediksi akan memanen buah dukunya sekira 150 Ton. “Saat ini harga di pasaran hanya berkisar Rp 8.000 hingga Rp 9.000. Hal tersebut dipicu karena bersamaan dengan musim buah lainya seperti, langsat, durian, rambutan, manggis dan tanaman buah lainya. Pun begitu, saya tetap bersyukur atas melimpahnya buah tahun ini,” ujarnya.

Melimpahnya buah duku yang dirasakan petani duku karena turut didukung dengan iklim dan cuaca. “Tahun ini, cuaca cukup mendukung. Hampir seluruh bunga duku menjadi buah. Di samping itu, musim tahun ini, buah duku tidak banyak yang pecah. Tidak seperti tahun sebelumnya,” tuturnya mengakhiri.
sumber : sorasirulo

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *