THARRAYA FARM KEMBANGKAN SUSU KAMBING ETAWA

MedanBisnis –Medan. Perusahaan peternakan, Tharraya Farm terus mengembangkan susu kambing etawa, pasalnya susu jenis kambing ini, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, prospeknya juga lebih menguntungkan dibandingkan dengan kambing biasa.
Hal ini dikatakan peternak Tharraya Farm, Wiwik, kepada MedanBisnis, Kamis (13/12). “Sebelum beternak kambing etawa, kami memiliki delapan ekor kambing biasa. Namun ternyata setelah kami bandingkan dengan susu kambing etawa, rasanya lebih enak dan berkhasiat,” ungkapnya.

Sejak itu, dia menjual kambing biasa yang dia ternakkan sebelumnya dan membeli kambing etawa. Awalnya, sebut dia, hanya empat ekor induk kambing etawa. Jumlah tersebut dikembangkan termasuk dengan penambahan indukannya, hingga saat ini jumlahnya mencapai 30 ekor. Dari jumlah tersebut, terangnya, setiap harinya bisa menghasilkan 10 liter susu segar. “Ini kan karena tidak semua indukan bisa diperah,” katanya.

Selain indukan tersebut dia juga memiliki 15 ekor kambing etawa jantan. Saat ini, total ternak kambing etawa milik mereka mencapai 200 ekor. Selain produksi susu, sebutnya, anak kambing yang sudah cukup umur juga dijual untuk aqiqah maupun kurban.

Sementara untuk pemasaran, katanya lagi, masih dilakukan dari mulut ke mulut disamping juga dipasarkan dengan secara keliling dengan menggunakan kendaraan. Sedangkan pangsa pasarnya bisa dikonsumsi semua kalangan, ermasuk anak-anak. Meski demikian, secara umum peminatnya masih kalangan mayoritas ekonomi menengah ke atas. “Masih dipasarkan sendiri dengan harga Rp50 ribu per liter,” lanjutnya.

Susu kambing etawa. sambung Wiwik bisa bertahan dalam suhu normal, pasca diperah bisa bertahan 4- 5 jam. Sedangkan didalam lemari pendingin 4 hari dan dalam keadaan beku, bisa sampai 2 minggu. Selain di Medan, susu etawa ini, sudah diminati hingga ke Limapuluh, Pematangsiantar.

Seiring dengan banyaknya khasiat dari susu kambing etawa ini bagi kesehatan, ibu dua orang anak ini, memiliki impian bisa menembus pasar  rumah sakit. “Impiannya, setiap orang yang sakit bisa mengkonsumsi ini. Karena berdasarkan literatur, susu kambing etawa ini bagus untuk paru-paru dan osteoporosis,” katanya.

Dengan jumlah ternak tersebut, Wiwik mengaku menghadapi tantangan ketika musim penghujan. Karena pada musim tersebut, anak-anak kambing rentan sakit. Ini karena ketika musim hujan, mereka kesulitan untuk mencari rumput segar. Belum lagi, jika rumput segar ini, bila dikonsumsi dalam keadaan basah, bisa membuat kambing-kambing tersebut sakit. “Karena luka mulut, dan efeknya anak kambing rentan sakit,” tambahnya.(cw01)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to THARRAYA FARM KEMBANGKAN SUSU KAMBING ETAWA

  1. susu kambing says:

    thanks for sharing and blog nice posting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *