TIGA PNS DI RIAU POSITIF TERJANGKIT HIV

PEKANBARU–MICOM: Tiga pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di lingkup Pemerintah Provinsi Riau terdeteksi positif terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan telah menjalani pengobatan intensif.

“Sampai dengan saat ini, PNS di Riau yang merupakan penderita HIV ada tiga orang. Penyebabnya diduga karena mereka menggunakan narkotika atau kerap bergonta-ganti pasangan kencan,” kata Wakil Gubernur Riau Mambang Mit di Pekanbaru, Selasa (11/12).

Mambang mengharapkan agar warga setempat membentengi diri guna terhindar dari penyakit mematikan tersebut. “Terutama terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan menularnya HIV/AIDS itu. Yakni jangan menonsumsi narkoba atau bahkan melakukan hubungan seks bebas,” katanya.

Mambang menyatakan, seluruh PNS yang ada di Provinsi Riau sebaiknya menjadi pengayom masyarakat yang baik. Untuk itu, kata dia, akan dilakukan tes urin secara rutin, dengan harapan bakal dapat diketahui siapa PNS di lingkungan pemprov atau pemerintah kabupaten dan kota yang positif terkena HIV/AIDS atau yang menggunakan narkoba.

Jika terdeteksi HIV, kata Mambang, yang bersangkutan harus berobat secara intensif. Namun, jika terbukti mengonsumsi narkoba, bakal dikenakan sanksi tegas. “Bagi PNS yang terbukti menggunakan narkoba atau yang sejenisnya, PNS bersangkutan harus diberikan tindakan atau pemecatan,” katanya.

Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, sebelumnya juga menyebutkan, ibu rumah tangga di daerah itu menduduki peringkat tiga terbesar atau 56% dari 1.757 kasus HIV dan AIDS di Riau sampai Agustus 2012. “Dari 56% ibu rumah tangga yang terjangkit HIV/AIDs itu sebesar 80% tertular dari suami mereka. Kasus ini cukup memprihatinkan dan apabila tidak diantisipasi dari sekarang justru akan menjadi permasalahan besar ke depan,” kata Mambang. (Ant/OL-04)
sumber: mediaindonesia

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *