SUGUHKAN TARI KOLOSAL 5 ETNIS DAN HADIRKAN ARTIS LOKAL

Pembukaan Hari Aksara Internasional Sumut Berlangsung di Pakpak Bharat

Pembukaan Hari Aksara Internasional (HAI) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan dipusatkan di Kabupaten Pakpak Bharat Rabu (12/12). Berbagai persiapan dan acara akan digelar disana.

Ketua Panitia HAI Pakpak Bharat selaku Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Jalan Berutu SPd MM melalui Sekretarisnya Kasiman Berutu SE MSi mengatakan, panitia sudah mempersiapkan beberapa hiburan berupa Tarian Kolosal 5 etnis yakni gabungan tarian Pakpak, Karo, Toba, Jawa dan Melayu. “Tarian ini kami suguhkan kepada seluruh tamu dan undangan termasuk para petinggi-petinggi yang berasal dari 33 kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Utara,” bilang Kasiman Berutu yang juga Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Disdik Pakpak Bharat kepada Sumut Pos Selasa (11/12) di lokasi pelaksanaan HAI Lapangan Napasengkut.

Menurutnya, bahwa pelaksanaan HAI kali ini mempunyai perbedaan teknis dibanding tahun lalu. Sebelumnya peringatan HAI Sumut dilaksanakan di Kabupaten Batubara, kali ini dipercayakan di Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.

Panitia, kata Kasiman telah melakukan evaluasi secara umum sehingga perayaan HAI di Pakpak Bharat akan disajikan berbeda.
“Kami berharap perayaan HAI kali ini dapat memberikan kenyamanan lebih bagi para tamu yang datang ke Kabupaten Pakpak Bharat,” tuturnya.
Menurut Kasiman, dalam pelakasanaan HAI ini panitia menempatkan 1 orang petugas pemandu setiap kontingen, kemudian menyediakan posko perawatan kesehatan dan keamanan di lokasi HAI.

Selain itu, lanjut Kasiman, bahwa Pakpak Bharat selaku tuan rumah ingin menunjukkan tarian persembahan kepada seluruh undangan serta artis-artis lokal lainnya. Mulai pelaksanaan perayaan hingga berakhir nantinya.

Masih penuturan Kasiman, bahwa tahun 2011 lalu, Pakpak Bharat telah menerima anugerah penghargaan aksara Tingkat Nasional. Hal ini didukug oleh banyaknya pembukaan lembaga-lembaga Pendidikan Luar Sekolah (PLS-non formal) di Pakpak Bharat.

“Pakpak Bharat lebih dahulu mendapatkan anugerah Aksara dari Dairi. Saat ini, Pakpak Bharat sudah ada 29 lokasi lembaga PLS-Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), kemudian 9 lokasi-Lembaga Kursus Pendidikan (LKP), 19 lokasi-Sanggar Kesenian Belajar (SKB), dan 1 lokasi- yang mendukung pemberantasan buta aksara di Pakpak Bharat,” paparnya.

Kasiman mengatakan lagi, bahwa Dinas Pendidikan Pakpak Bharat juga telah membuat komitmen “MBINCAR”, artinya seluruh elemen pendidikan Pakpak Bharat komitmen melakukan “Menyenangkan, Berkarakter, Inovaif, Nyaman, Cerdas, Aktif dan Religius.

Terpisah, Kapolres Pakpak Bharat AKBP GR Gultom SIK melalui Waka Polres Kompol Drs Soepriatmono P SH MH Mpsi kepada wartawan menyebutkan, bahwa untuk pengamanan pada acara HAI telah menyiapkan 187 personel untuk melakukan pengamanan; 140 dari kepolisian, 25 dari TNI, dan 22 personel dari Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP).

“Dari kepolisian ada juga yang diturunkan dari Polda Sumut, personel sudah melakukan pengamanan mulai Mingu (9/12) semenjak para kontingen hadir di Salak. Kita juga sangat berharap, dengan jumlah personel yang ada, pelaksanaan HAI dapat berjalan sesuai dengan rencana,” harap Wakapolres. (mag-14)
sumber: hariansumutpos

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *