SANGGAR SENI “TERANG BULAN” GELAR FESTIVAL SENI DAN TARI KARO

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Untuk menggali bibit seni tari, sanggar Seni “Terang Bulan” yang berkedudukan di Kecamatan Biru-biru menggelar festival seni tari Karo, adu perkolong-kolong dan bernyanyi trio. Festival ini berlangsung selama 11 hari [Selasa 11/12`- Jumat 21/12] dimulai Pkl. 20.00 Wib di Tanah Lapang SDN Biru-biru. Demikian dikatakan ketua Sanggar Seni “Terang Bulan” Juna Ginting kepada Sora Sirulo di Biru-biru [Senin 10/12].

Adapun keriteria yang diperlombakan untuk mengikuti  festival tari ini, peserta harus berusia 7 – 25 tahun. Setiap peserta beranggotakan 6 orang. Sementara tarian yang diperlombakan adalah Tari Wajib lagu Terang Bulan ditambah tari pilihan. Untuk olah vokal bernyanyi Trio, usia 13 – 25 tahun. Setiap peserta terdiri dari 3 orang. Sementara lagu yang diperlombakan adalah lagu wajib Bulan Simacem-macem ditambah lagu pilihan.Untuk Adu Perkolongkolong peserta berusia 11 – 20 tahun. Setiap peserta terdiri dari 2 orang (berpasangan). Sementara lagu yang diperlombakan adalah lagu wajib Ertutur ditambah satu lagu pilihan.Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran untuk keperluan administrasi sebesar Rp. 20 ribu. Untuk  pemenang pertandingan juara 1 sampai 3  yang bakal diumumkan pada 22 Desember mendatang akan mendapat hadiah tropy dan uang pembinaan.

“Kegiatan yang disponsori oleh Mora Indah ini murni untuk mencari bibit seni tradisional Karo yang bakal kita orbitkan nantinya. Di samping itu, kegitan ini juga sekaligus untuk melestarikan budaya daerah yang mulai terkikis jaman,” ujar Juna Giniting. Bagi warga Deliserdang yang berminat mengikuti festival ini, dapat mendaftarkan diri kepada seketariat sanggar Seni “Terang bulan” di Desa Tanjungsena (Kec. Biru-biru) atau kepada Amtetta Br Barus  melalui HP 0813 7824 2582.

“Kita juga berharap agar kegiatan melestarikan budaya ini mendapat dukungan dari Bupati Deliserdang H. Amri Tambunan melalui Disbudpar, Muspika dan seluruh warga Kecamatan Biru-biru,” harapnya.
sumber : sorasirulo

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *