RSUD JAMBI BELUM PUNYA TENAGA ICU

JAMBI–MICOM: Rumah Sakit Umum (RSU) Abdul Manap Kota Jambi hingga kini belum memiliki tenaga operasional peralatan intensive care unit (ICU).

”Ruangan dan peralatannya sudah tersedia lengkap, tapi petugas pengoperasi peralatan itu hingga kini belum ada,” kata kepala RSU A Manap dr Ida Yuliati di Jambi, Rabu (12/12).

Ia mengatakan, sumber daya manusia menjadi kendala utama setiap menangani pasien, khususnya yang membutuhkan tindakan penanganan intensif secara cepat.

Kondisi demikian menjadi dilema ketika aturan dan ketentuan yang harus dipatuhi pihak rumah sakit bahwa penggunaan ruangan dan peralatan ICU hanya boleh dioperasikan personel yang memiliki tenaga profesional bidang tersebut.

”Ketentuannya begitu. Setidaknya untuk mengoperasikan fasilitas atau sarana tersebut harus ada 3 perawat dan 1 dokter yang ditempatkan secara khusus di bagian itu. Mereka bertugas di situ setiap hari,” ujar Yuliati.

Berbagai upaya termasuk pengusulan kepada Pemkot dilakukan tapi hingga kini masih belum bisa terpenuhi terhadap kebutuhan tersebut.

Untuk memenuhi standar kebutuhan tersebut, pihaknya sudah mengajukan anggaran sekolah atau pendidikan untuk tenaga medis di RSU A Manap untuk ditugaskan di bagian itu ke anggaran APBD kota Jambi 2013. (Ant/OL-5)
sumber: mediaindonesia

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *