KEBUTUHAN BIBIT JAGUNG SUMBAR MENINGKAT

PADANG–MICOM: Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim mengatakan, kebutuhan bibit jagung untuk daerahnya pada tahun ini sebanyak 1,280 ton sedang tahun depan diperkirakan meningkat menjadi 1,530 ton.

Peningkatan kebutuhan bibit jagung karena semakin banyak petani yang mengembangkan tanaman holtikultura itu dengan memanfaatkan lahan produktif, kata Muslim Kasim saat menyerahkan bantuan bibit jagung kepada Kelompok Tani Siat Agritama Sungai Cupak Kec. Sangir Batang Hari Solok Selatan, Selasa (11/12).

Menurut dia, Pemprov Sumbar memberikan perhatian penuh dalam mewujudkan sebagai daerah sentra jagung di wilayah Barat Sumatra.

Upaya itu, tentu menjadi target yang harus di dukung dengan singkronisasi program antara pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, termasuk pengadaan bibit jagung.

Pemberian bibit jagung itu, kata dia, merupakan salah satu upaya dalam motivasi para petani dalam pengembangan lahan dan peningkatan produksi.

Oleh karena itu, diharapkan adanya koordinasi yang baik antara petani dengan penyuluh lapangan Dinas Pertanian, agar setiap kendala yang ditemui dapat cepat teratasi, baik dalam pola penanaman hingga pasca panen.

Daerah yang dimiliki Solok Selatan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi lahan komoditas jagung, karena masih banyak lahan yang belum di manfaatkan dengan maksimal oleh petani.

Selain itu, daerah pemekaran itu juga sangat di dukung iklim yang bagus, sehingga potensi untuk perluasan lahan jagung sangat memungkinkan.

Kini Solok Selatan memiliki luas lahan tanam jagung 2.975 hektare, setiap tahunnya ada peningkatan sehingga target menjadi salah satu daerah sentra produksi jagung cukup terbuka, kata mantan Bupati Padang Pariaman itu.

Ketua Kelompok Tani Siat Agritama, Marwan menyampaikan, atas ada bantuan bibit dari pemerintah provinsi cukup membantu kelompok tani dalam mengurangi biaya produksi.

Pihaknya berharap perhatian pemerintah seperti itu, hendaknya terus berlanjut di masa mendatang, sehingga petani mampu memproduksi yang lebih baik dan berharap dapat meningkatkan pendapatan.

“Kita bersyukur dengan adanya bantuan bibit jagung tersebut, Mudah-mudahan program untuk memajukan perekonomian para petani dapat dijadikan contoh,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wagub Muslim Kasim menyerahkan bantuan bibit jagung sebanyak sembilan kotak seberat 225 kg yang diterima langsung Ketua Poktan Siat Agritama Marwan. (Ant/Ol-3)
sumber: mediaindonesia

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *