TERKAIT PROTES WARGA TERHADAP PEMBANGUNAN PABRIK DI SEMBAHE, PEMERINTAH TERKESAN TUTUP MATA

IMANUEL SITEPU. SIBOLANGIT. Warga Desa Sembahe (Kec. Sibolangit) kembali mengeluhkan rencana pembangunan pabrik di Jl. Jamin Ginting KM 33-34 yang telah berlangsung lebih dari sebulan dengan menggunakan alat berat untuk meratakan tanah di lahan seluas sekira 10 ha. Pasalnya, hingga saat ini, baik dari Pemerintahan Desa maupun Kecamatan dan Provinsi, belum ada turun tangan merespon keluhan warga.

Seperti pengakuan  Naik Sembiring (52), warga Desa Sembahe, kepada sejumlah wartawan di Sembahe kemarin [Kamis 6/12]: “Pembangunan pabrik di sini rentan menyebabkan bencana alam. Soalnya, lahan yang diratakan adalah area resapan air yang pernah dihijaukan dengan tanam kayu oleh Dinas Kehutanan Propinsi Sumatra Utara. Ironisnya, baik Pemerintahan Desa, Kecamatan maupun Pemkab Deliserdang terkesan apatis dengan keluhan warga di sini. Padahal, jika mereka dibiarkan terus beroperasi, dikawatirkan  dalam waktu dekat ini kawasan Desa Sembahe akan mengalami bencana banjir. Untuk itu, kita harapkan pemerintah perduli dengan nasib warga sini.”

Hal senada dikatakan warga lainya R. Tarigan. “Jika Bupati Deliserdang Amri Tambunan tidak segera turun tangan, kami akan melakukan demo ke Kantor Bupati dalam waktu dekat,” tuturnya.

Pantauan wartawan di lokasi, terlihat 3 unit alat berat jenis beko berada di lokasi proyek. Di  areal yang dulunya ditumbuhi berbagai pohon, sekarang telah gundul diratakan pakai alat berat. Kepala Desa Sembahe Asli Ketaren saat hendak dikonfirmasi tidak berhasil sebab, saat ditelpon berkali-kali, nomor sang Kades tak aktif. Saat didatangi ke kantornya, Asli Ketaran tak berada di tempat. Sementara Camat Sibolangit Tuah Malem Tarigan saat dikonfirmasi terkait masalah tersebut terkesan berkelit dengan mengatakan kalau rencana pembangunan pabrik belum diketahuinya.

“Saat kita tanya ke Kadesnya, dia mengaku lokasi itu hanya perataan tanah. Mereka belum mengurus izin terkait rencana pembangunan pabrik,” ujar Tuah Malem singkat.
sumber : sorasirulo

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *