JALAN MENUJU DESA BUKUM (KEC. SIBOLANGIT) TERTIMBUN LONGSOR. ARUS TRANSPORTASI LUMPUH TOTAL

IMANUEL SITEPU. SIBOLANGIT. Jalan penghubung antara Desa Martelu dan Desa Bukum di Kecamatan Sibolangit, persisnya di Dusun II Cingkam, Desa Martelu, tertimbun longsoran tanah, bebatuan dan pohon tumbang yang berasal dari tebing berketinggian berkisar 50 meter [Rabu 5/12]. Akibat kejadian ini, hasil pertanian warga setempat terancam tak dapat dipasarkan karena arus transportasi menuju 2 desa ini lumpuh sepenuhnya. Pemkab Deliserdang melalui Dinas PU menurunkan 1 unit alat berat untuk membersihkan tanah yang longsor [Jumat 7/12].

Foto: Tampak warga sedang menyaksikan 1 unit alat berat dari Dinas PU Deliserdang sedang membersihkan jalan penghubung Desa Martelu-Bukum yang tertimbun longsor [Jumat 7/12].

 

“Kejadiannya sekitar Pkl. 19.00 WIB. Sebelumnya kita sudah berusaha membersihkan tanah yang longsor dengan cara gotong-royong. Namun, karena hanya menggunakan peralatan seadanya, kita tidak mampu dan melaporkannya ke pihak kecamatan,” ujar Kepala Desa Bukum Kombri Martinus Tarigan didampingi puluhan warga saat menyaksikan petugas PU melakukan evakuasi tanah longsor.

Pantauan wartawan di lapangan, hingga berita ini diturunkan [Jumat 7/12], petugas dari Dinas PU Deliserdang masih melakukan pembersihan jalan dari tanah yang longsor dengan memindahkannya ke dalam jurang yang jaraknya tidak jauh dari lokasi kejadian. Sementara puluhan warga berdatangan ke lokasi untuk menyaksikan alat berat yang
sedang bekerja.

“Untunglah tanah yang longsor cepat diantisipasi. Hasil pertanian kami sebelumnya terancam tak dapat dipasarkan. Demikian juga aktifitas kehidupan sehari-hari menjadi terganggu. Warga sempat harus menjunjung hasil pertaniannya karena kendaraan bermotor tidak dapat melintas,” ujar salah seorang warga.
sumber : sorasirulo

 

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *