PEMKAB ASAHAN IMBAU PERKEBUNAN PELOPORI SEKTOR PETERNAKAN

MedanBisnis – Kisaran. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mengimbau, pihak perkebunan yang ada di daerah itu dapat mempelopori pengembangan sektor peternakan sapi menjadi sebuah industri yang menghasilkan produk berkualitas.
Ini sangat mungkin dilakukan karena perkebunan memiliki potensi berlimpah untuk penyediaan pakan ternak sapi, baik dari limbah biomas maupun limbah pabrik kelapa sawit. Begitu juga dengan pakan hijauan,” kata Bupati Asahan dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Bupati Asahan, Surya saat membuka acara Forum Komunikasi Peningkatan Hasil Peternakan dengan pihak Perkebunan, Kamis (6/12) di Hotel Sabty Garden, Asahan.

Untuk mencapai tujuan ini, kata Surya, harus ada pola intergitasi antara perkebunan dengan peternakan sehingga kedua belah pihak saling diuntungkan, khususnya dalam efisiensi biaya pengelolaan kebun, produktivitas tanaman dan peningkatan produktifitas ternak.

“Areal perkebunan ada sekitar 130.000 hektare di Asahan. Artinya, dengan areal tersebut dapat menampung sekitar 130.000 ekor sapi. Namun hal ini harus didukung dengan nota kesepakatan untuk pemanfaatan areal perkebunan sehingga populasi ternak dapat terus meningkat,” jelas Surya, sembari menambahkan untuk meciptakan hal tersebut diperlukan dukungan dari semua pihak.

Kepala Dinas Perternakan Asahan Amir Husein meyebutkan, pelaksanaan forum tersebut untuk memperkuat hubungan antara Pemkab Asahan dengan pihak perkebunan yang ada di Asahan. Kemudian untuk mengembangkan sektor peternakan khususnya pada areal perekebunan guna peningkatan populasi dan produksi ternak dan memberikan kemudahan bagi peternak dalam memperoleh pakan ternak serta menggembalakan ternaknya di areal perkebunan.

“Kegiatan ini diikuti 120 peserta yang tediri dari pihak perekebunan, camat, petugas peternakan dan pihak perbankan. Kita berharap kegiatan ini melahirkan kesepakatan yang akhirnya meningkatakan hasil populasi ternak Asahan,” ujar Amir kepada MedanBisnis usai kegiatan. (indra sikoembang)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *