117 TRAKTOR DIBAGIKAN PEMKAB LANGKAT

LANGKAT – Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara membagikan 117 unit hand traktor kepada kelompok tani, sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan.

“Pengadaan ratusan unit traktor itu dibiayai dari dana APBD setempat dan dukungan APBN,” kata Kepala Dinas Pertanian Langkat Basrah Daulay melalui Kepala Bidang Produksi Yusfik Helmi di Stabat, hari ini.

Ia mengatakan, unit traktor tersebut diberikan kepada kelompok tani yang tersebar pada 18 kecamatan.

Bantuan tersebut diserahkan bersamaan pada acara pengukuhan kelompok tani nasional andalan (KTNA) di tiga wilayah meliputi Langkat Hulu, Langkat Hilir dan Teluk Aru.

Basrah Daulay menjelaskan, ke-117 hand traktor tersebut dibagikan kepada 117 kelompok tani, dari 1.904 kelompok tani yang ada di daerah itu.

Bantuan hand traktor sebanyak itu bersumber dari dana APBD kabupaten Langkat 18 unit, dana SLPTT sebanyak 22 unit, dana kontijensi 60 unit, Sistim Rice Intensifikasi 12 unit dan APBN sebanyak 14 unit.

Bantuan tersebut diharapkan memacu kelompok tani, untuk meningkatkan produksi pertanian.

Yusfik menjelaskan bahwa, penerima bantuan itu melalui tahapan dan seleksi dan tidak ada pilih kasih.

“Bagi kelompok tani yang belum mendapat hand traktor akan terus kita perjuangkan, agar pada tahun mendatang Langkat kembali menerima bantuan hand taktor dari dana APBN, maupun dari berbagai sumber dana lainnya,” ungkapnya.

Kepala Seksi Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Hamonangan Siregar dalam kesempatan terpisah menjelaskan, selain itu juga menyalurkan bantuan kepada kelompok tani berupa 11 unit pompa air untuk pengairan sawah.

Demikian juga 10 unit alat perontok padi (power threser) serta delapan unit alat perontok jagung (corn sheller).

Pemberian bantuan ini diharapkan akan memudahkan kelompok tani untuk merontokkan padi dikala panen berlangsung. Semua dana untuk bantuan pompa air, power threser dan corn sheller bersumber dari APBD Langkat,” kata Siregar.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *