PEMANFAATAN PEKARANGAN HEMAT BELANJA RP 300.000 PER BULAN

MedanBisnis – Medan. Peningkatan penyediaan pangan yang beragam, bergizi dan berimbang dapat dimulai sejak dini dan dari lingkungan yang paling dekat, yakni pekarangan rumah. Dengan pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman pangan, bisa menghemat pengeluaran rumah tangga Rp 200.000-Rp 300.000 per bulan.
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Pusat, Achmad Suryana, mengatakan, hampir semua rumah di Indonesia memiliki pekarangan. Meskipun pekarangan yang dimiliki sempit, tetap saja bisa di manfaatkan untuk bertanam sayuran dengan menggunakan media polybag.

“Paling tidak kita bisa memenuhi kebutuhan akan sayuran kita sendiri, kemudian di lingkungan tetangga dan sekitarnya,” kata Achmad Suryana kepada MedanBisnis, pada penutupan Forum dan Expo Pangan Nasional, Gebyar Kuliner Nusantara di Tiara Convention Center, Medan, Jumat (30/11).

Disebutkannya, jika pekarangan yang dimiliki lebih luas, dapat dimanfaatkan dengan ditanami berbagai tanaman pangan dan sayuran ditambah dengan memelihara ayam ataupun ikan.  Dengan demikian, masyarakat bisa lebih mandiri dalam hal pemenuhan kebutuhan pangannya.

Sesuai dengan kajian yang telah dilakukan, pengeluaran untuk makanan di tingkat rumah tangga yang mengelola pekarangan rata-rata dapat berkurang Rp 200.000-Rp 300.000 per bulan.

“Dengan melihat potensi yang besar bagi masyarakat, Kementan mulai 2011 secara intensif telah melaksanakan kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL),” jelasnya.

Upaya tersebut, lanjutnya, akan lebih diperluas pelaksanaannya di tahun 2013, dengan meliputi 5.000 desa/kelompok yang baru di seluruh Indonesia.

“Karena itu, kita sangat mengimbau masyarakat untuk lebih memanfaatkan pekarangannya untuk bertanam sendiri sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri,” katanya lagi. (dewantoro)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *