JALAN MEDAN – BERASTAGI MACAT TOTAL TERTIMBUN LONGSOR

IMANUEL SITEPU. SIBOLANGIT. Jalan yang menghubungkan Medan–Berastagi macat total akibat tertimbun tanah longsor [Rabu 28/11 sekitar Pkl. 08.00 Wib] di Desa Sembahe (Deliserdang) Kilometer 35/36.
Pantauan Sora Sirulo di lapangan, jalan yang tertimbun tanah longsor setinggi 5 meter tersebut menutup badan jalan yang mengakibatkan jalan yang menghubungkan Medan–Berastagi sempat mengalami macet total selama 1 jam. Petugas kepolisian dari unit lantas yang langsung dipimpin Kanit AKP Edwrd T bersama anggota langsung turun ke lapangan untuk mengatur lalu-lintas dan meminta kepada masyarakat agar membuka jalan dengan menggunakan paralatan seadanya.

Edy Ginting, salah seorang warga sekitar yang ditemui wartawan di lokasi longsor mengatakan: “Kejadian ini akibat hujan terus menerus melanda daerah Sembahe dan sekitarnya. Tanah mengalami erosi akibat terkikis air dan menyebabkan longsor.”

Ironisnya, lanjut Edy, sampai siang pihak PU Propinsi belum terlihat di lokasi. Mestinya PU bertanggungjawab menurunkan alat berat untuk membuang tanah, batu dan kayu yang menimbun jalan. Akhirnya, hanya warga sekitar saja yang membuang tanah yang menimbun badan jalan dengan menggunakan peralatan seadanya.

“Kayu dan bebatuan tidak bisa dibuang akibat peralatan tidak memadai. Akibatnya, kendaraan hanya bisa melalui satu jalur saja dan masyarakat mengutip uang terhadap pengendara yang melintas untuk membeli makan dan minum mereka,” ujar Edy lagi.

Kapolsek Pancurbatu Kompol Darwin Sitepu PB SH yang dikonfirmasi wartawan [Rabu 28/11] siang membenarkan adanya tanah longsor di Desa Sembahe (Kec. Sibolangit) yang menimbun jalan. Pihaknya telah menurunkan anggota lalu-lintas untuk mengatur kendaraan agar jangan berdesak-desakan. Apabila terjadi desak-desakan, dapat menimbulkan kemacetan lebih panjang dan bisa menimbulkan kecelakaan.

“Saat ini, jalan yang ditimbun tanah longsor sudah bisa dilalui satu jalur sambil menunggu alat berat dari pihak PU Propinsi,” ujar Kapolsek.
sumber : sorasirulo

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *