DIRA & RICKY DUTA PARIWISATA SUMUT 2012

MEDAN- Dara dari Serdang Bedagai, Dira Arsani Hasibuan, dan Putra dari Asahan, M Ricky Pranata berhasil menjadi duta pariwisata Sumut 2012. Kedua anak muda ini akan mewakili Sumut dalam ajang Duta Pariwisata Indonesia di Bali Desember 2012 mendatang.

ANDRI GINTING/SUMUT POS
BUSANA DAERAH: Peserta pemilihan Duta Wisata Sumut 2012 berbusana daerah saat peragaan busana di Hotel Soechi Medan, Sabtu (10/11).

Dira, gadis kelahiran Medan, 1 Januari 1990 ini berhasil menyabet predikat walau mengaku tidak mempersiapkan diri untuk penjurian ini.
“Ini semua berkat doa dan dukungan mama. Tetapi, dengan predikat yang saya sandang saat ini, saya akan lebih mendalami wisata Sumutn
Dan memperdalam bahasa Inggris saya,” ujarnya.

Walaupun tidak mempersiapkan diri, gadis yang akrab disapa Dira ini telah memiliki latar belakang dalam penjurian. Karena sebelumnya, dirinya mengikuti  jambore pemuda Indonesia di Palu.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut kembali menggelar pemilihan Duta Wisata Sumut. 13 kabupaten/kota di Sumut berpartisipasi pada even yang digelar di Ruang Karo Hotel Soechi Medan, Sabtu (10/11) kemarin.

Daerah yang mengutus dutanya antara lain, Tapanuli Tengah, Serdang Bedagai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Deliserdang, Padang Lawas, Padang Lawas Utara,  Binjai, Phakpak Barat, Batubara, Tebingtinggi dan  Asahan.

Kadisbudbar Sumut, Naruddin Dalimunthe yang diwakili Farida membukan even itu berharap, pemilihan duta wisata ini menjadi salah satu upaya pembinaan generasi muda.

“Semoga pemuda kita bangga akan identitas asli bangsanya, khususnya Sumatera Utara.  Selain jadi teladan, duta wisata terpilih nanti bisa menjadi ikon pariwisata Sumut,” katanya.

Duta Wisata terpilih, nantinya akan dikirim untuk ikut ajang serupa di tingkat nasional. Tahun 2011 lalu, perwakilan Sumut sukses jadi juara.
“Jadi statusnya kita sekarang juara bertahan. Mudah-mudahan siapapun yang terpilih nanti bisa mengemban tugas sebaik-baiknya,” timpal Irwansyah Pulungan, selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan itu.

Untuk tingkat nasional, akan digelar di Bali Desember 2012 mendatang.

“Di tingkatan nasional, kriteria penilaian pasti akan lebih ketat dengan pesaing dari daerah lain yang tentu lebih ketat lagi. Jadi kami harap duta wisata Sumut terpilih nantinya benar-benar mampu mempromosikan wisata kita dengan baik,” lanjut Irwansyah.

Apa pentingnya even ini bagi Sumut? “Sudah tentu para duta terpilih nanti akan menjadi partner pemerintah dalam mempromosikan berbagai even wisata di daerah ini. Dan jika terpilih di tingkat nasional, maka perannya akan lebih luas. Intinya para duta ini akan secara berkala dan berkesinambungan mempromosikan pariwisata kita,” lanjut Irwansyah.

Seperti apa kriteria penilaian calon duta wisata tersebut? “Audisi atau pemilihan itu dinilai oleh lima juri berpengalaman yang diketuai budayawan, Jose Rizal,” katanya.

Menurut Jose Rijal, kriteria penilaian mencakup kefasihan atau kemampuan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan, dalam melakukan promosi sebuah tempat wisata. Bakat, penampilan, dan keperibadian juga menjadi penilaian penting.

“Pada dasarnya kita tak hanya mencari duta yang cantik atau tampan saja. Tapi lebih dari itu, keahlian dan kecakapan member informasi sangat utama di samping kepribadian yang benar-benar menawan,” terang Jose Rizal.

Maka itu dijelaskan kembali oleh Irwansyah, penilaian utama para calon duta sudah digelar sejak 8 November lalu.
“Segala gerak-gerik calon duta sudah masuk penilaian para juri sejak awal. Mudah-mudahan bermanfaat bagi perkembangan pariwisata kita,” lanjutnya. (ram)
sumber: hariansumutpos

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kabupaten Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>