PEDULI LINGKUNGAN, BUPATI NGOGESA SITEPU RAIH ENO AWARD

Stabat-andalas Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu memperoleh penghargaan sebagai Kepala Daerah Peduli Lingkungan Hidup dari ENO-Environment Online, berpusat di Finlandia pada acara puncak Konfrensi ENO yang diselenggarakan di Indonesia, yaitu di  Wisata Danau Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Sabtu (3/11).

Penghargaan diterima Bupati Langkat Ngogesa Sitepu yang diwakili Asisten Adm Ekbangsos Indra Salahuddin itu merupakan apresiasi kepada para Kepala Daerah yang dinilai telah berhasil membawa daerahnya dalam pelestarian lingkungan.  Penghargaan tersebut hanya diterima 7 kepala daerah se-Indonesia yakni Gubernur NTT, Wali Kota Padang, Wali Kota Bandung, Bupati Kendal, Bupati Muba, Bupati Deli Serdang dan Bupati Langkat.

ENO-Environment Online sendiri merupakan sebuah sekolah virtual global dan jaringan untuk pembangunan berkelanjutan dan kesadaran lingkungan. Program ENO telah berjalan sejak tahun 2000 dikoordinasikan oleh ENO Association berbasis di Joensuu, Finlandia.

Kabag Humas Pemkab Langkat Drs Rudi Kinandung MAP saat dihubungi via telepon selulernya, Minggu (4/11) mengatakan, penghargaan tertinggi ENO yang diterima Bupati Ngogesa Sitepu, karena komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan serta upaya-upaya Pemkab Langkat selama ini dalam menciptakan ruang terbuka hijau dengan mendukung penuh program penanaman 1 miliar pohon. Sebelumnya Bupati juga pernah menerima penghargaan dari ENO Internasional School Finlandia pada tahun 2009 berupa Anugerah Silver Award atas penanaman 3.000 pohon di sekolah (green school).

Selain itu, Bupati Ngogesa Sitepu juga pernah meraih Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri, sehingga Kabupaten Langkat tercatat sebagai daerah penerima penghargaan yang terbanyak sampai tahun 2012 dari Menteri Lingkungan Hidup RI Prof Balthasar Kambuaya.  Apalagi,  penghargaan Green City untuk Kota Stabat  tahun 2010 dan 2011 juga telah diterima bupati.

Menanggapi penghargaan itu, Ketua KBPPP Langkat, M Jend Edward Hutabarat menyatakan, hal itu sebagai hasil positif dari kepemimpinan Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu.  Karena itu, dia menilai Ngogesa Sitepu pantas dan layak untuk memimpin Kabupaten Langkat ke depan.

“ Ya, dengan segudang prestasi yang telah dicapai, sudah sepantasnya jika Ngogesa Sitepu dipercaya kembali untuk memimpin Kabupaten Langkat ke depan,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan Ketua LSM PML (Pemberdayaan Masyarakat Langkat), T Said Syafii.  Karena itu, dia pun berharap agar pemeliharaan hutan mangrove bisa digalakkan agar Kabupaten Langkat tidak lagi terancam dengan kerusakan lingkungan.  (BD)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *