DICARI, SARJANA UNTUK MEMBANGUN DESA

KEBUMEN, MINGGU – Menteri Pertanian Anton Apriantono mengharapkan, pada masa mendatang lebih banyak lagi sarjana yang berminat mengikuti program Sarjana Membangun Desa (SMD) dari Departemen Pertanian sehingga kesejahteraan petani meningkat. “Program ini untuk ribuan sarjana, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya di Kebumen, Sabtu (31/1) sore.

Ia mengatakan, pada 2008 sekitar 200 sarjana mengikuti program itu sedangkan pada 2009 meningkat menjadi 600 orang. Program SMD selama ini berjalan relatif baik meskipun sebagian besar masih diikuti para sarjana peternakan atau dokter hewan dengan pengembangan usaha ternak sapi, dan diharapkan sarjana pertanian tertarik mengikuti program ini.

Bersama petani, oara sarjana ini meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui pengembangan usaha agribisnis dan pasti mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah.

Ia menjelaskan, program SMD menambah lapangan kerja di desa, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mencukupi kebutuhan daging. “Karena sampai sekarang impor daging kita masih sekitar 30 persen dari total kebutuhan,” katanya. Pada kesempatan itu Anton tidak menyebut total kebutuhan daging nasional saat ini.
sumber : kompas

This entry was posted in Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *