PEMKAB LANGKAT DUKUNG CENTRA PEMBIBITAN LELE VITTON

MedanBisnis – Langkat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat mendukung dan memberikan bantuan pada centra pembenihan rakyat (CPR) lele vitton di Desa Banyu Mas Kecamatan Stabat.
“Dengan adanya pembenihan ini, diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih yakin dalam menggali potensi diri agar tidak ragu mengembangkan sektor industri pertanian dan perikanan. Apalagi sektor ini salah satu sumber pencaharian yang dapat meningkatkan taraf hidup dan ekonomi rakyat,” kata Bupati Langkat Ngogesa Sitepu pada acara launcing Pemberian Bibit Lele Vitton gratis di CPR Banyu Mas, Kamis (27/9).

Dalam acara itu juga diserahkan bantuan satu unit mesin pembuat pelet (pakan ikan) dari Pemkab Langkat dan 50 ribu ekor bibit lele vitton dan dana sebesar Rp 20 juta sebagai penunjang awal beroperasinya balai pembenihan ikan lele vitton.

Sebelumnya, Syafril selaku ketua balai pemberdayaan dan pengembangan ekonomi kerakyatan Kabupaten Langkat serta pengelola DPR lele vitton Banyu Mas menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang yang diberikan Pemkab Langkat.

“Pemilihan lele vitton untuk dibudidayakan karena ikan tersebut hanya memerlukan waktu 1 ½ bulan untuk kemudian bisa dipanen. Ini merupakan cara cepat dan efektif meningkatkan taraf ekonomi warga,” katanya.

Pihaknya juga akan memberikan pembinaan dan pembekalan bagi kelompok-kelompok peternak ikan dan berupaya menjadikan lele vitton sebagai satu di antara banyak komoditas unggulan di Langkat.

Sementara salah seorang tokoh masyarakat setempat, Selamat Sulaiman mengatakan program berbasis ekonomi kerakyatan seperti ini tidak hanya ada di wilayah Stabat saja tetapi dapat juga berkembang ke seluruh wilayah Kabupaten Langkat.

Acara itu dihadiri Kapolres Langkat AKBP L Erick Bhismo, anggota DPRD Langkat Syahrul, Sugiono, Jumari, Malem Ukur dan Ralin Sinulinnga serta sejumlah pejabat. Bupati Ngogesa juga menitipkan 100 helai kain sarung untuk para pekerja yang ada di centra pembenihan perikanan air tawar ikan lele vitton.(misno)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *