HARGA LADA HITAM DI BANDARLAMPUNG TURUN

MedanBisnis – Bandarlampung. Harga lada hitam di Bandarlampung turun karena pasokan komoditas itu dari sejumlah petani di Lampung meningkat.
“Sudah dua hari ini pasokan dari sejumlah petani di Lampung
meningkat, dengan kualitas yang cukup baik,” kata Adi agen komoditas
unggulan di Bandarlampung, Selasa (25/9).

Dia mengatakan, sejumlah petani banyak yang panen lebih awal, karena takut ladang mereka dirusak hama. “Untuk lada hitam di tingkat agen saat ini berkisar Rp55.000/kg, pekan lalu harganya Rp65.000/kg,” kata dia.

Namun, lanjutnya, untuk lada putih mengalami kenaikan harga, yakni Rp97.000/kg dari sebelumnya hanya Rp94.000/kg, disebabkan karena banyak ladang yang telah dirusak hama dan kualitas yang baik hanya sedikit. “Untuk menutupi kerugian, banyak petani yang menaikan harga dan agen pun menerima hal tersebut,” ujarnya.

Adi lebih lanjut menjelaskan, komoditas itu di dapat dari Kabupaten Tanggamus yang jaraknya 110 km dari Bandarlampung, dan Kabupaten Lampung Barat sekitar 300 km arah barat Kota Bandarlampung.

Sementara itu, para pedagang eceran di Pasar Tugu, menyambut baik kualitas lada hitam yang cukup bagus meskipun cuaca sedang buruk. Harga lada hitam saat ini Rp75.000/kg, sedang untuk lada putih Rp105.000/kg.(ant)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *