TERKAIT GEDUNG SMKN BIRU-BIRU, RCW: “PEMBORONG JANGAN CIPTAKAN BOM WAKTU”

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Terkait indikasi pengerjaan proyek pembangunan gedung SMK Negeri Biru-biru di Dusun Kampung Tengah (Desa Biru-biru, Kec. Biru-biru) yang disinyalir pengerjaannya asal jadi mendapat sorotan tajam dari salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di daerah itu.
“Jika memang rekanan sudah berani mendirikan pondasi bangunan dalam kondisi tanah masih labil dan adanya pengurangan ukuran pondasi, ditambah lagi, adanya indikasi percampuran antara semen dan pasir yang juga tidak seimbang, sama artinya pihak rekanan telah menciptakan bom rakitan di gedung SMK Negeri tersebut. Dikhawatirkan sewaktu-waktu bangunan itu akan ambruk dan mencederai orang-orang yang ada di dalam gedung,” demikian dikatakan Angota LSM RCW (Republik Coruption Wacth) Rusli Purba kepada Sora Sirulo di Biru-biru [Sabtu 22/9].

Dijelaskan Purba, jika pondasi merupakan inti kekuatan bangunan, sehingga amat fatal bila pondasi dibuat saat kondisi tanah belum padat. Apa lagi para rekanan malah berani mengurangi ukuran besi penyangga dalam pembangunan 3 ruang kelas dan kantor.

“Ini benar-benar sangat fatal akibatnya. Disinyalir kuat telah terjadi KKN di sana. Dalam waktu dekat ini, LSM RCW akan melakukan investigasi,” paparnya.

Informasi lain diperoleh Sora Sirulodi Biru biru, rekanan yang mengerjakan pembangunan Gedung SMK Negeri dengan anggaran mencapai ratusan juta di bawah naungan Dinas Cipta Karya dan Pertambangan ini sudah beberapa kali berpindah-pindah. Informasi terakhir diperoleh, saat ini, Dinas Cipta Karya mempecayakan pengerjaanya kepada seseorang berinisial S yang merupakan adik Bupati Deliserdang Amri Tambunan.

Kasek SMK Negeri Biru-biru T. Saragih ketika dikonfirmasi mengatakan: “Memang, pembangunan gedung SMK sudah kejar target. Akhir Oktober ini, seluruh bangunan telah harus rampung pengerjaannya. Mudah-mudahan pada bulan Januari 2013 nanti para sisiwa sudah dapat menempati gedung baru tersebut,” ujarnya.
sumber : sorasirulo

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *