PENDETA HKI DAIRI BINA JEMAAT BETERNAK AYAM

MedanBisnis – Sidikalang. Sebanyak 100 orang jemaat Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Kabupaten Dairi mendapat binaan atau pendampingan dari Pimpinan Gereja dalam pengembangan beternak ayam kampung.
Pendeta HKI Harianto Harianja STh kepada wartawan, belum lama ini mengatakan, saat ini ada sekitar 20 kelompok masyarakat (jemaat) HKI di Dairi yang mendapat pendampingan dari para pendeta untuk pengembangan ayam, bebek serta ternak babi.

“Untuk sementara, pembinaan khusus dilakukan  bagi jemaat HKI, tetapi ke depan kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum. Tetapi dengan syarat, harus ada kelompok tani mereka, supaya lebih mudah diajari. Sebab, jika sendiri-sendiri belum memungkinkan mengingat kesibukan kita yang lain,” sebut Harianto.

Pihaknya kata Harianto, hanya memberikan pendampingan saja sedangkan untuk modal sebelumnya mereka sudah mendapat pinjaman dari credit union (CU).

Salah satu peternak ayam, Sumihar Nababan (56), warga desa Sosorlontung, Kecamatan Siempat Nempu, mengaku  dirinya kini sedang memelihara ayam sekitar 500 ekor  yang  sudah siap panen.

“Hingga sejauh ini kami belum menemui kesulitan yang berarti. Karena pendampingan yang diberikan Pendeta tentang cara beternak ayam sangat membantu kami terutama cara perawatan dan pengolahan pakan yang tidak tergantung kepada resep, melainkan kami olah sendiri,” jelasnya.

Terkait harga jual ayam kampung, Sumihar mengaku sangat baik, harga berkisar Rp 60.000 per ekor. “Kami juga bisa mengolah kotoran ayam menjadi kompos, sehinga perekonomian kami terbantu,” ujarnya. (ck 04)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *