DISTAN SIMALUNGUN SIAPKAN RACUN SERANG HAMA TIKUS

MedanBisnis – Simalungun. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Simalungun menyiapkan racun tikus dan belerang guna mengendalikan serangan hama tikus yang mengganggu petani.
“Selain menyediakan racun penyerang tanaman padi tersebut kami juga telah melakukan sosialisasi kepada petani untuk segera mungkin melakukan pengendalian serangan tikus, baik melalui sanitasi areal persawahan ataupun melalui racun tikus yang dilakukan saat sebelum tanam,” kata Kepala Dinas Pertanian Simalungun Jan Posman Purba didampingi Kabid Organisme Pengganggu Tanaman, Hotner Sagala, Senin (24/9).

Selain itu, pihaknya juga kata Posman menganjurkan petani untuk mengendalikan dengan cara biologis, yaitu memelihara musuh alaminya. “Dapat juga dilakukan penanaman padi pada satu titik yang belum musim tanamnya. Sehingga dengan adanya tanaman itu dapat dimanfaatkan sebagai perangkap bagi tikus. Tikus akan berlomba-lomba mencari makanan dan berkumpul pada satu titik yaitu tanaman tersebut sehingga dapat mudah dimusnahkan,” ujarnya.

Seperti diketahui, sepasang tikus dapat berpopulasi sebanyak 2.000 ekor pertahun. Untuk itu diharapkan seluruh petani padi sawah di Simalungun dapat menerapkan pola tertib tanam, karena ada penertiban faktor makanan bagi hama tersebut.

Dikatakan Posman, pihaknya menargetkan penanaman padi untuk tahun ini seluas 85.750 hektare. Dan, realisasinya hingga bulan Juli lalu telah mencapai tanam sebanyak 42.370 hektare.(samsudin harahap)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *