12 ETNIS UNJUK KEBOLEHAN AJANG SENI MUSIK GEREJAWI BERNUANSA TRADISIONAL

Tarutung, (Analisa). Ribuan penonton menyaksikan penampilan 12 etnis yakni India, Papua, Jawa, Mentawai, Tionghoa, Nias, Karo, Simalungun, Pakpak Dairi, Batak Toba, Papua dan etnis Angkola Mandailing di ajang Pagelaran Seni Musik Gerejawi Bernuansa Etnis/Tradisional III di Gedung Serbaguna Tarutung, Sabtu (22/9) malam.
Sejumlah tim dari berbagai etnis, menampikan bermacam atraksi dan pertunjukan seni musik gerejawi dengan budaya tradisional masing-masing daerah.

Bupati Taput Torang Lumban Tobing pada pembukaan acara, menyampaikan kegiatan ajang unjuk kebolehan seni musik, khususnya musik tradisional seperti ini harus terus dikembangkan dan dilastarikan.

Menurut bupati, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mempertahankan dan melestarikan aset dan kekayaan budaya daerah. “Seni musik tradisional harus dikembangkan dan dilestarikan, karena merupakan aset yang harus dilestarikan. Kita mendukung dan berharap, agar kegiatan ini dapat ditingkatkan lagi dimasa-masa yang akan datang,” ujarnya. Ketua Umum Pagelaran Seni Musik Gerejawi Bernuansa Etnis/Tradisional III Dorgis Hutagalung menyampaikan, kegiatan ini merupakan rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Pemkab Taput sekaligus untuk menjalin silaturahmi antarumat beragama, baik di Sumut maupun di daerah lain.

Dia menyampaikan, perlombaan pagelaran musik gerejawi bernuansa etnis ini, lebih menonjolkan seni musik bermakna sosial budaya dan keagamaan dengan menggunakan instrumen musik dan tradisi masing-masing etnis yang bersangkutan.

“Seperti yang kita saksikan, kalau etnis Jawa, tentu akan membawa instrumen tradisional Jawa seperti gamelan. Begitu juga dengan etnis Mentawai membawakan lagu dan instrumen mereka. Kegiatan ini untuk menjalin silahturahmi antarumat beragama,” ujarnya.

Dia berharap, Pemkab Taput terus memberikan dukungan dalam upaya pengembangan dan peningkatan kegiatan ini di masa mendatang. (can)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *