PULUHAN KWT DI BIREUEN IKUT PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

Bireuen-andalas, Sedikitnya 67 wanita dari 4 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bireuen yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organic, yang dilaksanakan Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian (BPTP) Aceh yang dipusatkan di Gampoeng Lhoek AweTeungoh Kecamatan Kota Juang Bireuen, Sabtu.

Para wanita yang tergabung dalam 4 KWT dari empat kecamatan yang di Kabupaten Bireuen yang mengikuti pelatihan adalah dari KWT DI Kecamatan Jeumpa, Kecamatan Plimbang, Kecamatan Kota Juang dan Kecamatan Peusangan.

Koordinator BPTP Aceh Nazariah Daud SP MSi menyebutkan, pelatihan yang dilakukan di Kabupaten Bireuen juga dilaksanakan di sejumlah kabupaten, antara lain di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Barat yang dilaksanakan di sejumlah lokasi sementara di wilayah Kabupaten Bireuen dilaksanakan di 4 titik yaitu di Lipah Rayek, Lhok Awe, Peusangan dan Peusangan Selatan.

Menurutnya, pihaknya melakukan pelatihan terebut bertujuan agar para KWT mampu membuat pupuk organik yang memang bahannya mudah dan hemat biaya serta sangat bermanfaat apabila diaplikasikan dalam pemupukan lahan tanaman pertanian.

Tujuan lainnya, tambah Nazariah, para wanita yang tergabung dalam KWT mampu membuat pupuk organic sekaligus bermanfaat untuk mereka sendiri terutama dalam menjaga kesehatan, agar bisa menjauh kan diri dari zat kimia yang semakin populer di gunakan pada tanaman di saat ini.

Nazariah Daud menambahkan, jika petani nantinya membudiyakan penggunaan pupuk organik secara kontinyu dan berkesinambungan akan memberikan keuntungan dan manfaat dalam pemakaian jangka panjang. Bahkan, biayanyapun murah apalagi pupuk organik mampu berperan memobilisasi atau menjembatani hara yang sudah ada ditanah. Sehingga mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman.

Selain itu, pupuk organik berperan dalam pelepasan hara tanah secara perlahan dan kontinu, sehingga dapat membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan sekaligus menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada akar-akar tanaman.

Sementara Kepala BP2KP Kabupaten Bireuen Fakhrurrazi SP menjawab andalas menyebutkan, terlaksananya kegiatan ini adalah berkat usaha BPTP Aceh yang bekerja sama dengan ACIAR Australian dan pihak BP2KP Kabupaten Bireuen dan Pelatihannya dikoordinir oleh Nazariah dibantu PPL pendamping Zuryati SP.

Sementara itu Ketua kelompok KWT Lhoek Awe Teungoeh Darmiati Daud Buket mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih telah menambah pengetahuan tentang pupuk organic, yang dinilai sangat bermanfaat kepada masyarakat.

Hadir pada acara tersebut selain koordinator BPTP Aceh Ibuk Nazariah SP MSi, Geuchiek Gampong Lhoek Awe Teungoeh H Rusli Mahmud, PPL Kota Juang, Kepala BP3K Kota Juang diwakili oleh Jalalluddin SP dan juga nara sumber Ir Baktiar AliĀ  dari BP2KP Bireuen, Radiah dari BP3K Jeumpa, serta Tarmizi Age (Mukarram) Pembina ACDK yang ikut memberi motivasi kepada peserta yang hadir. (HERA)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *