MENU JAMAAH HAJI DIJANJIKAN BERKUALITAS

MedanBisnis – Jeddah. Konsorsium pelayanan katering di Jeddah, Arab Saudi, menyatakan mengatur jadwal penyajian dan memilih menu kering untuk menjaga kualitas makanan bagi jemaah haji asal Indonesia.
Muchtamil, Ketua Konsorsium Pelayanan Katering Jamaah Haji Jeddah, di Jeddah, Sabtu, mengatakan di Jeddah layanan katering hanya diberikan saat jamaah haji tiba di bandara.
Ia mengatakan, makanan yang dibungkus dalam kotak dibagikan kepada jemaah di dalam bus, sebelum melanjutkan perjalanan ke Madinah atau ke Makkah.

“Kami sudah memprediksi kapan makanan diolah dan kapan dibagikan agar jemaah menerimanya dalam kondisi baik dan enak dikonsumsi,” kata Muchtamil yang sudah melayani katering haji sejak tahun 1981.

Jemaah rata-rata menunggu selama sekitar empat jam sebelum melanjutkan perjalanan ke Makkah atau Madinah. Penyedia layanan katering menyiapkan makanan yang terdiri atas nasi dan lauk serta buah dan minuman menjelang jemaah naik ke bus.

“Kami memilih menu Indonesia yang umum sehingga semua anggota jamaah nyaman mengonsumsinya dan jika dilengkapi sambel diracik agar tidak terlalu pedas,” kata Muchtamil. Dia juga menambahkan lauk agar tidak cepat basi jika jemaah ingin memakannya beberapa jam kemudian di bus.

Muchtamil mengatakan, pengawasan terhadap kualitas makanan jemaah haji di Arab Saudi cukup ketat. Petugas sering melakukan inspeksi ke dapur dan memantau cara memasak.

Sementara menu makanan, menurut dia, ditentukan oleh pemerintah Indonesia supaya sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Namun Muchtamil tidak mau menyebutkan harga nasi kotak tersebut. Dia mempersilakan penanya menanyakan hal itu ke Panitia Penyelenggara Haji Indonesia.

Konsorsium layanan katering Jeddah yang terdiri atas perusahaan Rajawali Aero Services, Niz Putramandiri dan Delica juga melayani jamaah saat kembali ke tanah air. Nasi kotak diberikan saat jemaah keluar dari hotel transit.(ant)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *