BUPATI KARO JAMBI SIDAK PEREKAMAN E-KTP DI KABANJAHE

Kabanjahe-andalas Perekaman e-KTP (KTP Elektronik) di Kecamatan Kabanjahe saat ini telah rampung 60 %. Hal itu terungkap saat inspeksi mendadak (sidak) Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti ke kantor Camat Kabanjahe, untuk melihat secara langsung proses perekaman e-KTP, kemarin.

Kedatangan orang nomor satu di “Bumi Turang” disambut Camat Kabanjahe Drs Lesta Karo Karo, MM beserta Kepala Desa Samura Daniel Sembiring SE, serta ratusan warga Desa Samura yang kebetulan pada hari itu mendapat jadwal pelaksanaan perekaman e-KTP di Kabanjahe.

Pada kesempatan itu, Bupati Karo berdialog dengan warga terkait hambatan dalam pelaksanaan proses perekaman e-KTP tersebut. Hampir seluruh warga mengatakan, mereka tidak mendapatkan kendala maupun hambatan dalam proses perekaman. “Selain itu warga juga mengatakan bahwa pihak kecamatan telah melayani kami (warga-red) dengan baik, sehingga proses perekaman ini dapat berjalan sebagaimana diharapkan,”ujar warga.

Bupati Karo mengatakan, e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian, baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.

“Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup,” ujar Karo Jambi.

Nomor NIK yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya sesuai Pasal 13 UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Usai berdialog dengan warga, Bupati Karo DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti menyempatkan diri untuk melakukan perekaman e-KTP miliknya, sekaligus meninjau kesiapan alat digunakan.
Camat Kabanjahe Drs Lesta Karo-karo MM kepada wartawan mengatakan, di kecamatan dipimpinnya, proses perekaman telah rampung 60 %.

Dan diharapkan pada Oktober nanti akan rampung 100 %.Disinggung kendala apa yang di hadapi dalam proses perekaman tersebut, Lesta Karo Karo, mengaku kendala dihadapi keterbatasan alat. Di mana selama ini alat digunakan hanya dua komputer dan saat ini telah ditambah menjadi empat komputer.

Kepala Desa Samura Daniel Sembiring SE kepada wartawan mengatakan, waktu yang diberikan kepada warganya untuk melakukan perekaman e-KTP hanya tiga hari, sementara jumlah warganya yang melakukan perekaman sebanyak 1200KK terdiri dari 3500 orang.

Terpisah, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karo, Drs Mbaga Ginting, kepada andalas mengatakan, target wajib e-KTP di Kabupaten Karo, 236.336 jiwa yang ditentukan Dedagri (Ditjen Adminduk) sampai Oktober 2012. “Namun target Pemkab atau Disdukcapil Kabupaten Karo minggu ke tiga September 2012 sudah 100% terealisasi perekaman e-KTP,”ujarnya. (RTA)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to BUPATI KARO JAMBI SIDAK PEREKAMAN E-KTP DI KABANJAHE

  1. Samuel says:

    Oh…..gitu pak ya…?! Tetapi uang e-KTP nya ngga ada yang ditilep kan pak? he…he…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *