PETANI BELIMBING PANCURBANTU MENANTI PANEN RAYA

MedanBisnis – Medan. Petani belimbing di Desa Namu Riam, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang saat ini sedang menanti panen raya. Jika biasanya dari satu  pokok, bisa menghasilkan 70 kilogram (kg) buah belimbing, pada panen kali ini diperkirakan bisa menghasilkan lebih dari 100 kg.
Untung Jaya Meliala, salah seorang petani yang membudidayakan belimbing varietas sembiring di lahan seluas satu hektare ini mengatakan, panen raya tersebut akan dilakukan pada akhir bulan September. “Tinggal menunggu hari saja, sekitar seminggu lagi sudah bisa panen dengan jumlah yang melimpah,” katanya kepada MedanBisnis, Jumat (21/9).

Ia menjelaskan, di luar musim panen, belimbing sembiring yang dibudidayakannya sejak 25 tahun lalu ini, rata-rata menghasilkan 30 kg buah belimbing dan di masa trek hanya 10 kg saja per pokoknya. Tapi, untuk musim panen kali ini produksi buahnya diperkirakan mencapai 140 kg.

Dikatakan Untung, dirinya tidak khawatir di panen raya  tersebut harga belimbiing yang ukuran buahnya mencapai 15 – 20 centimeter ini akan turun karena banyaknya produksi. Hal tersebut dikarenakan dirinya sudah memiliki pasar yang tetap dan mau membeli dengan harga yang tinggi. Tidak itu saja, belimbing tersebut juga dipasarkan hingga ke luar daerah. “Di tingkat petani saja, kami bisa menjualnya dengan harga Rp 2.500 – Rp 4.000 per kilogram,” ungkapnya.

Lebih jauh Untung mengatakan, belimbing asli Deliserdang yang dikembangkannya tersebut sudah sangat dikenal masyarakat luas bahkan sudah pula diekspor. “Kualitas belimbing sembiring ini sangat bagus, karenanya layak untuk diekspor, lagipula dari segi produksi juga sangat banyak dan kontinu,” ungkapnya. (dewantoro)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *