PERKAWINAN WILLAM DAN KATE VERSI KARO (JOKE)

Undangan KERJA ADAT KARO ERDEMU BAYU ANAK TURANG SENINANTA:

William Ginting ras Impal na Catherine Middleton br Barus

Si ertenah (Pengundang) : Keluarga Charles Ginting (sukut sipeempoken/pihak laku-laki) dan Keluarga Middleton Barus (Sukut Sinereh/pihak perempuan) , ras bagepe kerina sangkep geluhna (dan semua keluarga besar kedua belah pihak).

==================================

Dalam bahasa Karo: erdemu bayu dapat diartikan sebagai pernikahan (ikatan pernikahan).

===================================

Willliam  Tarigan and Kate br Karo

Willliam Ginting and Kate br Barus (ref. Benyamin Tarigan, FB)
 

Menghayal jika  William-Kate Middleton adalah dari Suku Karo yang tinggal dibelahan bumi Indonesia yang tepatnya di dataran tinggi Karo Sumatera Utara. Suku Karo dan sebutlah namanya dengan marga karo:  William Ginting dan Kate br Karo Barus. Tentu saja akan banyak terjadi perubah. Perhatikan saja gambar di atas. William akan berpakaian bulang-bulang (penutup) kepala yang di hiasi dengan emas dan menggunakan perlengkapan hias adat karo lainnya. demikian juga Kate br Karo akan dihiasi dengan perhiasan emas di seluruh pakaian pengantinnya.

Akan dijalankan kewajiban adat kepada seluruh bagian yang terkait secara adat dalam keluarga: Kalim bubu dan puang, puang nipuang (Kelompok yang  memilki darah Charles Ginting/ dari pihak saudara laki-laki ibunya dan sejawatnya), Sukut, Senina dan sejalanan juga pihak Anak beru dan seluruh segmen yang terkait secara adat. Semua dilakukan agar mereka sah secara adat Karo dan dapat menjalankan adat ini jika anaknya menikah kelak.  Kebiasaan Karo jika orang tua tidak diadati saat menikah maka anaknya juga tidak dapat diadati, atau dapat diadati setelah ortunya menyelesaikan UTANG Adatnya. jadi ini merupakan kewajiban bagi suku Karo.

Acara pernikahan dengan adat karo dilakukan di jambur (tempat pesta adat), namun untuk kedua mempelai selain acara pesta adat dijambur, sudah biasa dilakukan pesta selanjutnya di Hall convention hotel berbintang bagi kerabat lainnya yang bukan Karo dan juga keluarga terdekat. Semua dilakukan sesuai kesepakatan keluarga.

Namun ini hanya mengandai-andai saja dan tentunya selamat untuk The Royal Wedding: Pangeran William and Kate……….GB the new family.(Bhtrg)
sumber : kompasiana

This entry was posted in Cerita (Turi - Turin). Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *