KANTOR CAMAT SUNGGAL RAWAN MALING MOTOR

MEDAN – Kantor Camat Sunggal, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara saat ini menjadi sorotan para warga karena acap kali terjadi pencurian sepeda motor di halaman kantor tersebut. Sayang pihak kecamatan dan aparat keamanan di sana terkesan tutup mata.

Seperti yang dialami oleh Erwinsyah alias Wings (44) pegawai Harian Waspada, kehilangan sepedamotornya di halaman Kantor Camat Sunggal, Senin (17/9) kemarin. Sepeda motor miliknya Honda Supra X 125 BK 2917 AAV, dalam hitungan menit raib saat parkir di halaman kantor camat itu.

Saat itu menurut Wings warga Dusun II, Desa Medan Krio, Kecamatan Sunggal tersebut, pada pukul 13.30 WIB bersama istrinya Suparti (40) dan putranya berusia dua tahun pergi ke kantor Camat untuk mengambil e-KTP yang sudah selesai. “Saya datang bersama keluarga ke kantor camat atas instruksi Kepala Dusun untuk mengambil e-KTP,” ujarnya kepada Waspada Online di Medan, malam ini.

Ketika itu, korban memakirkan sepedamotornya dalam kondisi stang terkunci di lokasi parkir halaman kantor camat tersebut. Usai mengambil e-KTP dalam hitungan 10 menit setelah sidik jari, korban bersama keluarganya hendak pulang dan melihat sepeda motornya ternyata tidak ada lagi di lokasi parkir. “Dalam hitungan menit sepeda motor saya hilang,” kesalnya.

Selanjutnya melihat kenderaannya tidak ada, korban menanyakan kepada pegawai kantor camat. Karena tidak ada kejelasannya, selanjutnya korban membuat pengaduan ke Polsek Medan Sunggal dengan nomor LP/STPL/3263/K/1X/2012/SPKT/SEK SUNGGAL TANGGAL/ 17 SEPTEMBER  2012.

Saat dikonfirmasi perihal hilang sepeda motor di halaman kantornya oleh korban, Camat Sunggal Sari Guna Tanjung menjawab dengan nada enteng dan menurutnya memang  pencurian sepeda motor sering terjadi di kantornya.

“Camat membenarkan kejadian tersebut dan mengatakan sudah pernah terjadi sebelumnya kehilangan sepeda motor milik warga di sini juga, bagaimana lagi mau kita buat. Kami himbau masyarakat agar lebih berhati-hati lagi agar tidak terjadi kehilangan sepeda motor,” ujar Wings menirukan ucapan Camat Sunggal itu.

Atas kejadian kehilangan ini warga merasa tak nyaman datang untuk suatu keperluan ke kantor camat tersebut. Karena sepertinya tetap saja tidak ada upaya dari pihak aparat desa untuk melakukan antisipasi pengamanan,” ujar Wings  yang mengaku kesal terhadap pihak aparat kecamatan.

Seharusnya, kata Wing, jika hal tersebut telah berulangkali terjadi di kantor kecamatan, camat ataupun sekretaris camat ada upaya untuk melakukan pengamanan minimal dengan membuat penjagaan parkir di halaman kantor.

“Namun yang terjadi hal ini hanya dianggap lumrah. Herannya tindak kriminalitas pencurian yang sering terjadi di halaman kantor dianggap biasa saja, ada apa dengan kecamatan Sunggal tersebut,” ujar Wings.

Wings juga meminta pihak aparat kepolisian untuk memeriksa lokasi di kecamatan Sunggal karena adanya beberapa kali kejadian tindak kriminalitas pencurian sepeda motor di halaman parkir kantor camat Sunggal.

“Dalam hal ini kita jadi was-was, kenapa kejadian-kejadian kasus pencurian sepeda motor di kantor camat tersebut kok di diamkan saja ? Ada apa ini,” lanjut Wings kembali.

Para korban dan warga juga berharap Bupati Deli Serdang untuk memperhatikan kasus di kecamatan tersebut, seharusnya pengambilan e-KTP untuk memudahkan masyarakatnya berinteraksi dengan berbagai urusan, namun sebaliknya malah menyusahkan warga.

“Dengan hilangnya sepedamotor ini kan membuat susah masyarakat selain hilangnya alat transportasi untuk bekerja juga menurunkan rasa kepercayaan terhadap aparat kecamatan di Kantor Camat Sunggal,” lanjutnya. “Menurut pengakuan camat dan sekcam, pencurian sepedamotor di lokasi halaman kantor camat sudah berulang kali terjadi,” ujar Wings.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *