IZIN PMA TAK PERLU KE PUSAT

BANDA ACEH – Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Agus Salim mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah dapat menerbitkan izin prinsip investasi asing dalam bentuk Penanaman Modal Asing (PMA) dikawasan Sabang.

“Jadi izin prinsip penanaman modal asing dikawasan pelabuhan bebas dan perdagangan bebas Sabang tidak perlu lagi mengurus di pusat,” katanya kepada Waspada Online, hari ini.

Ia mengatakan bahwa dari delapan kewenangan BPKS yang dilimpahkan pemerintah pusat, baru dua yang sudah ada aturannya, dan salah satunya adalah izin prinsip penanaman modal asing.

“Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) pusat telah mengeluarkan Kebijakan, Norma, Standar dan Prosedur perizinan investasi asing kepada BPKS,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa izin investasi asing yang dimaksud adalah hanya dikawasan Sabang, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 83 tahun 2012, yakni Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang,yang selanjutnya disebut kawasan Sabang.

“termasuk didalamnya adalah kawasan Kota Sabang (Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rubiah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo), dan sebagian

Kabupaten Aceh Besar (Pulau Breuh, Pulau Nasi, dan Pulau Teunom) serta pulau-pulau kecil di sekitarnya,” rincinya.

Oleh karenanya Agus Salim menuturkan bahwa secara kelembagaan BPKS sudah siap menerima investasi asing di kawasan ini.

“Sudah ada beberapa investor yang ingin berinvestasi dikawasan ini, dan banyak yang tertarik, hal ini dikarenakan keunggulan kawasan ini adalah sesuai dengan aturan undang-undang, impor melalui pelabuhan Sabang tidak dikenakan tarif bea masuk,” sebutnya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *