KEJAKSAAN PERIKSA ANGGOTA KPU BATAM

BATAM, KOMPAS.com — Kejaksaan memeriksa tiga anggota KPU Batam, Kepulauan Riau. Pemeriksaan itu terkait dengan dugaan korupsi sedikitnya Rp 500 juta yang melibatkan Ketua KPU Batam Hendriyanto.

Pemeriksaan dilakukan sejak Rabu (19/9/2012). Kemarin, kejaksaan memeriksa Ziendra Yanuardi dan Netty Herawaty, sementara Kamis ini kejaksaan memeriksa Ngaliman.

Selain tiga anggota KPU itu, kejaksaan juga memeriksa pejabat dan mantan pejabat sekretariat KPU Batam. Kejaksaan antara lain memanggil mantan Pejabat Pembuat Komitmen KPU Batam, Charles Thomas.

Korupsi di KPU Batam diduga terjadi setidaknya pada tahun 2010. Kejaksaan telah menetapkan mantan Sekretaris KPU Saripuddin Hasibuan, mantan bendahara Dedy Syaputra, dan ketua KPU Batam Hendriyanto.

Mereka diduga merugikan negara sedikitnya Rp 500 juta, dengan modus melakukan aneka kegiatan fiktif. Kegiatan itu antara lain perjalanan dinas dan rapat yang tidak pernah dilakukan, tetapi mereka membuat bukti pengeluaran palsu.

Deddy dan Saripuddin sudah ditahan sejak Mei 2012, sementara Hendriyanto yang ditetapkan sebagai tersangka sejak Senin pekan lalu hanya dikenai pencegahan ke luar negeri. Ia tidak ditahan.
sumber: kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *