BATAK KARO DAN YAHUDI : BEBERAPA KEMIRIPAN DARI KEBIASAAN

Suku Batak KARO DAN YAHUDI dari Sejarahnya: Beberapa Kemiripan  Dari Kebiasaan:

1. Sama-sama memilki perayaan acara kerja tahun/kerja rani atau perayaan pesta panen tahunan. Orang Yahudi memiliki kebiasaan melakukan pesta mempersembahkan hasil panen. Di Karo juga memiliki kegiatan yang sama yang dikenal dengan kerja tahun.

2. Sama-sama mengutamakan memilih anak paman/impal menjadi istri anaknya sebelum memilih jodoh dari wanita/beru lain atau suku lain. Sama seperti Abraham meminta pembantunya Elieser kembali ke Mesopotania daerah Irak saat ini untuk mengambil calon Istri untuk anaknya ISHAK dari keluarganya disana.

3. Sama-sama pencinta dan penguasa  TANAH/Land Lord, pemilik tanah turun temurun.

Sampai saat ini di daerah dataran tinggi Karo secara umum menjaga dan mempertahankan tanahnya. Di Medan rata-rata tanah yang dimiliki orang Karo pada umumnya tidak dijual dan daerah yang dimiliki orang Karo terhambat pembangunannya.

4. Sama-sama memikirkan pusaka sampai keanak cucunya.

Seperti dalam catatan alkitab, orang Yahudi menjadi orang yang diberkati Tuhan dan mendapat warisan hingga ke anak cucu, demikian juga orang Karo secara umum memilki kebiasaan yang sama.

5. Individualis, sangat menjaga harga diri cendrung pelit dan tertutup. Hal ini sama dengan kebiasaan Yahudi, dan orang Karo secara umum sangat individualis dan pelit dan juga pendendam.

6. Orang Yahudi dan orang Karo sama-sama disunat.

7. Orang Karo memangil TUHAN dengan cara yang sama dengan orang Yahudi yaitu YAHWEH.

8. Orang Karo sama dengan YAHUDI,  sebutan atau nama itu memiliki arti sama seperti PETRUS +BATU KARANG, orang Karo juga namanya memilki filosofi dan arti dan filosofi baca LINK.

9. Kebiasaan orang Karo adalah bercerita atau dalam bahasa karo NURI-NURI, mengenai sejarah leluhur nenek moyang dan juga cerita rakyat, hal ini sama dengan kebiasaan orang Yahudi menceritakan hal leluhurnya…………….

10. Memilki kebiasaan yang sama hingga menghormati tulang belulang leluhurnya.

Ini sekedar kebiasaan yang dapat dilihat dari pembelajaran alkitab dan kebiasaan yang terdeteksi.(bhtrg)
sumber : kompasiana

This entry was posted in Cerita (Turi - Turin), Momo Man Banta. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *