73 LOKASI RAWAN PEREDARAN NARKOBA DI MEDAN

Medan (Berita) : Sedikitnya terdapat 73 lokasi rawan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Kota Medan dan sekitarnya yang berada di wilayah hukum Polresta Medan dan Polres Pelabuhan Belawan, kata Ketua Pembina LSM Perkursor Arifin Sianipar.

“Jumlah daerah rawan itu didapatkan dari BNN RI,” kata Arifin Sianipar di Medan, Kamis(20/09).

Menurut Arifin, jumlah daerah rawan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba itu terdapat 13 wilayah polsek di jajaran Polresta Medan dan Polres Pelabuhan Belawan.

Di wilayah Polsek Hamparan Perak yang bertugas di Kecamatan Hamparak Perak yang memiliki penduduk 97.039 jiwa terdapat dua lokasi rawan yakni Jalan Kelambir V dengan narkoba jenis ganja dan shabu-shabu serta Desa Klumpang dengan narkoba jenis ganja.

Di wilayah Polsek Medan Timur yang mencakup Kecamatan Medan Timur dan Medan Perjuangan dengan penduduk sebanyak 206.996 jiwa, terdapat sembilan lokasi rawan yakni Jalan Krakatau (shabu-shabu), Jalan Mesjid Taufik (ganja dan shabu-shabu), Jalan M Yakub (ganja), dan Jalan HM Yamin (shabu-shabu dan ekstasi).

Kemudian, Jalan Sutomo (shabu-shabu), Jalan Cemara (ganja), Jalan Veteran (ganja), Jalan Sei Kera (shabu-shabu dan ekstasi), dan Jalan Sentosa Baru (shabu-shabu).

Polsek Medan Sunggal yang mencakup tiga kecamatan yakni Kecamatan Medan Sunggal, Medan Selayang, dan Kecamatan Sunggal (Kabupaten Deli Serdang) dengan penduduk 385.170 jiwa terdapat enam lokasi rawan yakni Jalan Binjai KM 8-15 (ganja dan shabu-shabu), Asrama Abdul Hamid (ganja, shabu-shabu, ekstasi), Jalan Sei Mencirim (ganja), Jalan Kelambir V Kampung Lalang (ganja, shabu-shabu, dan putau), Jalan Kamboja Helvetia (ganja), dan Jalan Sunggal (ganja dan shabu-shabu).

Setelah itu, Polsek Medan Baru yang menaungi tiga kecamatan yakni Medan Polonia, Medan Petisah, dan Medan Baru dengan penduduk 154.430 jiwa memiliki lokasi rawan yang cukup banyak yakni Bandara Polonia (heroin, shabu-shabu, dan ekstasi), Jalan Jamin Ginting (ganja dan shabu-shabu), dan Jalan Intisari (shabu-shabu dan ekstasi).

Kemudian, Jalan Juanda (shabu-shabu dan ekstasi), Jalan Iskandar Muda (shabu-shabu dan ekstasi), Jalan Polonia  (shabu-shabu dan putau), dan Jalan Pemuda (ekstasi), Jalan Gatot Subroto (ganja), Jalan Gajah Mada (shabu-shabu), Jalan Mongonsidi (ganja), Jalan Wajir (ekstasi), dan Jalan Pegadaian (ekstasi).

Di wilayah Polsek Medan Labuhan yang mencakup empat kecamatan yakni Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Marelan, dan Labuhan Deli dengan penduduk 399.647 jiwa memiliki empat daerah rawan yakni Jalan Marelan Lororng 36 (shabu-shabu dan ganja), Jalan Medan-Belawan (shabu-shabu dan ganja), Jalan Yong Panah Hijau (shabu-shabu dan ganja), Jalan Pasar 3, Pasar 4, dan Pasar 9 Marelan (shabu-shabu).

Di wilayah hukum Polsek Belawan yang mengamankan Kecamatan Medan Belawan dengan penduduk 92.755 jiwa terdapat dua lokasi rawan yakni Jalan Medan-Belawan (shabu-shabu dan ganja), serta kawasan Gabion (ganja).

Sedangkan di wilayah Polsek Pancur Batu yang bertugas untuk Kecamatan Pancur Batu dan Sibolangit dengan penduduk 89.830 jiwa memiliki tiga lokasi rawan yakni Jalan Jamin Ginting (shabu-shabu dan shabu-shabu), kawasan lapangan golf Pancur Batu, dan Jalan Bandar Baru (ganja).

Polsek Percut Sei Tuan yang menaungi Kecamatan Percut Sei Tuan dan Medan Tembung memiliki delapan lokasi rawan yakni Jalan Letda (ganja dan shabu-shabu), Jalan Aksara (ganja dan shabu-shabu), Jalan Pancing (ganja), Jalan Mandala dan kawasan Perumnas Mandala (ganja dan shabu-shabu), Jalan Pancasia (ganja), Jalan Benteng Hilir (ganja), Jalan Panglima Denai (ganja), dan Jalan Tangguk Bongkar (ganja).

Di Polsek Medan Barat yang mencakup Kecamatan Medan Barat dan Medan Helvetia terdapat empat lokasi rawan yakni Jalan Krakatau (shabu-shabu), Jalan Yos Sudarso (ekstasi dan shabu-shabu), Jalan Bilal (shabu-shabu dan ekstasi), dan Jalan Blugur By Pass (shabu-shabu).

Selanjutnya, Polsek Medan Area yang menaungi Kecamatan Medan Area dan Medan Denai memiliki delapan lokasi rawan yakni Jalan Panglima Denai (ganja), Jalan Sutomo (shabu-shabu), Jalan Kumango (ekstasi), Jalan Thamrin (ekstasi), Jalan Sukaria (ganja), Jalan Asia (shabu-shabu dan ekstasi), Jalan Bromo (ganja dan shabu-shabu), dan Pasar Merah (ganja).

Adapun di wilayah Polsek Medan Kota yang menaungi Kecamatan Medan Kota dan Medan Maimun juga memiliki daerah rawan peredaran narkoba yang cukup banyak yakni Jalan Amaliun (ganja), Jalan Seksama (ganja), Jalan HM Joni (ganja, dan shabu-shabu), serta Jalan Pusat Pasar (shabu-shabu dan ekstasi).

Setelah itu, Jalan Turi (ganja), Jalan Sisingamangaraja (ganja dan shabu-shabu), Jalan Utama (ganja), Jalan Ismailiyah (ganja), Jalan Medan Area (ganja dan shabu-shabu), Jalan Brigjen Katamso (ganja, shabu-shabu, dan ekstasi), Jalan Puri (ganja) dan Jalan Air Bersih (ganja).

Di wilayah Polsek Patumbak yang mencakup Kecamatan Patumbak dan Medan Amplas terdapat dua lokasi rawan yakni Jalan Pertahanan dan Jalan Karya Wisata Patumbak.

Sedangkan di wilayah Polsek Delitua yang menaungi Kecamatan Medan Johor, Medan Tuntungan, dan Delitua memiliki kerawanan dalam peredaran gelap narkoba di kawasan Kampung Baru Deli Tua.

“Kami berharap instansi terkait bisa menindaklanjuti dan memberantas daerah rawan yang dimaksud,” katanya. (ant)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *